Dibuka Wakil Gubernur NTB, Festival Pantai Lawata Berlangsung Meriah



Kota Bima, Media NTB - Wakil Gubernur NTB H. Muhammad Amin, SH, M.Si, secara resmi membuka Festival Pantai Lawata pada hari Minggu, 9 April 2017. Festival yang dilaksanakan di Pantai Lawata Kota Bima tersebut merupakan agenda rutin tahunan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Kota Bima.

Hadir Walikota Bima M. Qurais H. Abidin bersama istri, Wakil Walikota H. A. Rahman H. Abidin bersama istri, Ketua DPRD Kota Bima Fery Sofiyan, SH, bersama istri, Wakil Ketua DPRD Kota Bima M. Syafei, ST, dan Syahbudin bersama istri, Kapolres Bima Kota AKBP Ahmad Nurman Ismail, SIK, Kepala Kejaksaan Negeri Bima Widagdo Mulyono, SH, MH, Kasdim 1608/Bima, Kepala Dinas Pariwisata, pimpinan BUMN/BUMD, Plt. Sekretaris Daerah Kota Bima, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, serta para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Kota Bima.

Berdasarkan laporan Kepala Dinas Pariwisata Kota Bima Drs. H. Sukri, M. Si, Festival Pantai Lawata Tahun 2017 merupakan penyelenggaraan tahun ketiga. Tahun ini Festival Pantai Lawata juga sudah resmi masuk dalam agenda pariwisata Provinsi NTB sebagai bagian dari Festival Pesona Tambora.

Tujuan Festival Pantai Lawata adalah untuk membangun semangat kebersamaan seluruh elemen masyarakat Kota Bima serta menumbuhkan kecintaan terhadap Pantai Lawata. “Karena kita baru saja diuji dengan musibah banjir, maka Festival tahun ini juga ditujukan untuk membangkitkan semangat masyarakat Kota Bima”, kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Bima.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama Dinas Pariwisata Kota Bima dengan Dinas Pariwisata Provinsi NTB, dengan dukungan dari Bagian Umum Setda Kota Bima, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima serta KRI Teluk Mandar 514 dari TNI Angkatan Laut yang juga hadir untuk memeriahkan Festival Pantai Lawata.

Tahun ini Festival Pantai Lawata diisi dengan lomba perahu hias, lomba dayung perahu, lomba renang serta bakar ikan bersama. Setiap OPD Lingkup Pemerintah Kota Bima menyediakan satu stand untuk menjamu masyarakat dengan masakan ikan bakar.

Sejumlah BUMN/BUMD dan perusahaan ikut menjadi sponsor dengan menyediakan hadiah untuk diundi bagi para peserta Festival dan penonton, antara lain PT. PLN, PT. Pelindo, PT. Bank NTB, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Sinar Mas, PD. BPR NTB, PT. Tukad Mas, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bima, Kantor Pajak Pratama Bima, CV. Surya Motor, CV. Padolo Motor, PT. FIF, UD. Toko Sumber Karya, Pegadaian Syariah Bima, Kalbe Nutrisi dan Kalbe Morinaga.

Walikota dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia dan seluruh sponsor yang mendukung terselenggaranya Festival Pantai Lawata. Dijelaskannya, Pemerintah Kota Bima telah menyiapkan masterplan pengembangan Pantai Lawata. “Pantai Lawata termasuk dalam grand design kawasan tumbuh cepat Kota Bima yaitu mulai dari Niu hingga Ama Hami. Kami memasukkan nilai-nilai kearifan lokal dalam arsitekturnya, yaitu bunga satako, uma lengge dan nggusu waru”, kata Walikota. Ia berharap Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Pariwisata bisa mendukung pengembangan pariwisata Kota Bima.

Wakil Gubernur mengapresiasi kemeriahan Festival Pantai Lawata. “Kita berharap kedepannya ini bisa menjadi salah satu event pariwisata yang terkenal mewakili pariwisata Pulau Sumbawa”, ujarnya.

Ia mengingatkan, yang harus ditingkatkan adalah fasilitas dan iklim penunjang kepariwisataan. Pertama, dengan mewujudkan suasana yang aman dan kondusif agar wisatawan tidak takut berkunjung. Kedua, dukungan fasilitas kepariwisataan misalnya hotel, restoran maupun fasilitas umum di tempat-tempat wisata. Ketiga, infrastruktur perhubungan dan transportasi harus memadai. “Hal ini tentu saja menjadi perhatian Pemerintah Provinsi”, pungkasnya.(H/M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.