Header Ads

Dinas PPKB Gelar Perlombaan Peringati Harganas ke-24



BIMA, Media NTB - Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke- 24 Tingkat Provinsi NTB tahun 2017, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Bima menggelar kegiatan perlombaan diantaranya lomba bidang ketahanan dan kesejahteraan keluarga, bidang Keluarga Berencana, serta bidang advokasi pengendalian penduduk, penyuluhan dan penggerakan.

Hadir pada kegiatan tersebut Asisten II Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dr. Ir. H. Syamsuddin, MS, Sekretaris Tim Penggerak PKK Kota Bima Hj. Dewi Triany, Ketua Dharma Wanita Kota Bima Salmah Mukhtar, serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Bima.

Sekretaris Dinas PPKB Kota Bima Dra. St. Asmah, M. Ap, melaporkan bahwa lomba tersebut dilaksanakan di aula Dinas PPKB dan tersebar di 16 kelurahan pada 5 kecamatan dengan 21 mata lomba yaitu lomba kelompok Bina Keluarga Balita (BKB), kader BKB teladan, pengelola kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), pengelola Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS), Keluarga Harmonis Sejahtera (KHS), kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja/Mahasiswa (PIK R/M) jalur pendidikan, kelompok PIK R/M jalur masyarakat, duta genre jalur masyarakat dan pendidikan.

Selain itu, ada juga lomba Penyuluh Keluarga Berencana dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PKB/PLKB), lomba KB Lestari, lomba pidato kependudukan, lomba karya tulis kependudukan, lomba Metode KB Jangka Panjang (MKJP) kategori Puskesmas, serta Lomba Motivator KB Pria.

Ketua tim penilai lomba dari BKKBN Provinsi NTB Drs. Syamsul Anang, M.Ph, mengatakan bahwa kegiatan lomba bertujuan untuk mengevaluasi terimplementasinya program perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga yang diemban oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Tujuan akhir lomba ini bukan untuk mendapatkan nilai tertinggi tetapi yang paling penting adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, katanya.

Sementara itu, dalam sambutannya Asisten II menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana bersama elemen akademisi, dinas kesehatan, organisasi wanita dan para penyuluh yang telah berkoordinasi dengan baik sehingga program PP-KB di Kota Bima bisa berjalan sukses.

Dikatakannya, keberhasilan Pemerintah Kota Bima dalam bidang kependudukan diakui oleh pemerintah pusat dengan penganugerahan Satyalancana Pembangunan bidang kependudukan tahun 2016 lalu, serta penunjukan Kota Bima sebagai tuan rumah peringatan Harganas Tingkat Provinsi NTB ke-23 tahun 2016.

“Saya berharap kinerja yang baik ini bisa dipertahankan. Semoga kegiatan lomba ini semakin menggugah semangat kita semua untuk menyukseskan program PP-KB di Kota Bima”, harap Asisten II.(H/M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.