Header Ads

Sekda Kota Bima Membuka Rakor Penguatan Kelembagaan KPA



BIMA, Media NTB - Plt. Sekda Kota Bima Drs Mukhtar, MH, membuka secara resmi Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan, Penganggaran dan Keterpaduan dalam penanggulangan AIDS di Kota Bima tahun 2017. Acara dilaksanakan di aula kantor Walikota Bima pada hari Kamis, 18 Mei 2017. Para peserta Rakor berasal dari unsur Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bima.

Berdasarkan laporan Kasubag Keagamaan Bagian Kesra Setda Kota Bima H. Ahmad, S.Ag, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penekanan agar leading sector penanggulangan AIDS di Kota Bima bisa mempercepat upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS, serta ketersediaan dan pengelolaan anggaran yang menunjang program-program yang terkait dengan pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS.

Rapat dihadiri oleh Sekretaris KPA Provinsi NTB yang juga merupakan Kabag Kesra Biro Kesra Setda Prov. NTB H. Lalu Ruspanudin, SE, MM, bersama anggota KPA Provinsi NTB.

Plt. Sekda Kota Bima menyampaikan terima kasih atas perhatian yang ditunjukkan oleh KPA Provinsi NTB terhadap upaya penanggulangan HIV/AIDS pada masyarakat, khususnya di Kota Bima.

Epidemi HIV/AIDS mengancam kesehatan dan kehidupan generasi penerus bangsa, yang secara langsung membahayakan perkembangan sosial dan ekonomi, serta keamanan negara. Oleh karena itu, upaya pengendalian HIV/AIDS sifatnya sangat penting dan harus dilaksanakan secara terkoordinir dengan melibatkan berbagai pihak.

Sejauh ini yang telah dilakukan oleh KPA Kota Bima antara lain memobilisasi sumber daya yang intensif dari seluruh lapisan masyarakat untuk mempercepat dan memperluas jangkauan program. Misalnya dengan melakukan sosialisasi kepada para pelajar dan kaum muda, karena mereka termasuk yang paling rentan terhadap epidemi ini.

Upaya pengendalian terutama ditujukan untuk mengurangi semaksimal mungkin peningkatan kasus baru dan kematian.

Salah satu langkah strategis yang ditempuh adalah memperkuat KPA, dengan dukungan anggaran dari Pemerintah Daerah. Selain itu, menggandeng masyarakat umum termasuk LSM untuk meningkatkan perannya sebagai mitra pemerintah sampai ke tingkat kelurahan.

Sekda menjelaskan, program penanggulangan HIV/AIDS di Kota Bima diupayakan terintegrasi dengan program-program pada OPD terkait, misalnya pada Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Bagian Kesra, yang dikoordinir oleh KPA Kota Bima.

“Kami berharap kunjungan kerja KPA Provinsi NTB hari ini bisa semakin mempertajam fungsi KPA Kota Bima. Juga hendaknya semakin memperkuat koordinasi antara KPA Kota Bima dan KPA Provinsi NTB agar bisa saling mendukung dalam pelaksanaan program kerjanya”, kata Drs. Mukhtar, MH.(H/M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.