Header Ads

Upacara Hardiknas, Bupati Paparkan Program Pembangunan



BIMA, Media NTB - Pada momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017 ini Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan pelaksanaan program-program pembangunan di kabupaten Bima. Diantaranya beberapa waktu yang lalu Bupati Bima telah mencanagkan sebuah gagasan program dalam rangka meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan tentang agama islam bagi masyarakat muslim di wilayah kabupaten Bima. Gagasan program tersebut adalah GERAKAN PESANTREN SEHARI atau disingkat GPS yang merupakan integrasi dari kegiatan keagamaan dalam program kerja pemerintah daerah. Gerakan Pesantren Sehari merupakan tindak lanjut dan penjabaran dari Visi “Bima Ramah” yang telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kabupaten Bima tahun 2016-20121. Program Gerakan Pesantren Sehari  ini  akan dituangkan dalam sebuah Peraturan Bupati Bima yang bertujuan untuk menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat untuk aktif dalam kegiatan keagamaan melalui Gerakan Pesantren Sehari. Disamping itu, GPS juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman,penghayatan,dan pengamalan masyarakat tentang ajaran agama Islam dan memperdalam, memantapkan dan meningkatkan penghayatan ajaran agama islam, khususnya tentang Alqur’an, keimanan,ibadah, dan ahlak. Semua itu ditujukan untuk membentuk ahlak, sikap, prilaku dan karakter peserta didik dan masyarakat berdasarkan nilai-nilai Alqur’an dan As-Sunnah. Pelaksanaan Kegiatan GPS bagi masyarakat dilakukan pada satu masjid Jami di setiap desa dan dikordinir oleh Kepala Desa.  GPS dilaksanakan minimal satu kali dalam setiap bulan dengan rangkaian kegiatan yaitu shalat ashar berjamaah dilanjutkan dengan zikir dan do’a, shalat magrib berjamaah dilanjutkan dengan ceramah agama atau ta’lim, shalat isya berjamaah dilanjutkan dengan tadarusan Alqur’an dan shalat subuh berjamaah dilanjutkan dengan ceramah agama atau ta’lim. 




Pelaksaksanaan kegiatan GPS bagi kalangan pendidikan dilaksanakan pada masing-masing sekolah dan perguruan tinggi di kabupaten Bima. Pelaksanaan GPS dilakukan minimal sekali dalam sebulan pada hari Minggu(ahad) minggu ke-3 dengan kegiatan shalat berjamaah yang dirangkaikan dengan dzikir dan doa,ceramah agama dan tadarus Alqur’an sehingga dengan adanya progam ini  Bupati dan Wakil Bupati Bima akan melakukan pengawasan dan pembinaan penyelenggaraan GPS di seluruh wilayah kabupaten Bima yang secara tehnis akan dikoordinasikan oleh Bagian Administrasi Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Bima kepada instansi dan lembaga terkait. Insya Allah dalam pelaksanaannya nanti, program GPS ini akan dilakukan evaluasi untuk perbaikan dan pembenahaan program kedepannya.

Program lainnya yang telah kami laksanakan bersama Wakil Bupati Bima  Dahlan M.Noer adakan berkaitan  dengan hasil Lokakarya  peningkatan cakupan kepemilikan Akta Kelahiran  yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, saya mengharapkan kepada Kepala Dinas Dukcapil, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Dikbudpora dan para pembangku kepentingan untuk dapat mensosialisasikan pentingnya akta kelahiran sebagai salah satu prasyarat akses layanan dasar di Kabupaten Bima. Disamping itu, para pemangku kepantingan dapat  menyepakati pembagian peran dalam implementasi program percepatan kepemilikan akta kelahiran di Kabupaten Bima dan Menyusun rekomendasi perbaikan program percepatan kepemilikan akta kelahiran di Kabupaten Bima untuk tahun 2018. Mari kita galakkan semangat “ Kabua Kancore “ percepatan peningkatan cakupan akte kelahiran dan administrasi kependudukan lainnya di kabupaten Bima.

Pada kesempatan ini , saya ingin kembali mengingatkan kepada seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima agar senantiasa menjaga diri dan menjaga kewibawan pemerintah untuk tidak melakukan PUNGLI. Sejak dikukuhkan, Tim Satgas Pungli yang telah dibentuk Pemerintah Daerah telah bekerja dan telah ada ASN yang terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT). Untuk itu, sekali lagi saya ingkatkan agar jangan Main-Main Dengan Pungli.

Bupati berharap semoga dengan adanya beberapa kegiatan yang telah kami lakukan ini diahdapkan kepada seluruh ASN maupun seluruh warga masyarakat agar dapat mendukung program yang telah kami laksanakan, hal ini dikarenakan tanpa dukungan dari seluruh elemen msyarakat maka program tersebut tidak dapat berjalan sesuai dengan harapan kita semua.(H/M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.