Header Ads

Bupati Buka Diklat Pengelolaan PUD Bagi UMKM Se – Kab. Bima Angkatan III


 
BIMA, Media NTB - Bupati Bima yang diwakili oleh Assisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bima Ir. H.Nurdin memnuka secara resmi kegiatan Diklat Pengelolaan Produk Unggulan Daerah yang diikuti oleh seluruh UMKM Kecamatan Se – Kabupaten Bima. Kegiatan ini dilangsungkan di aula hotel La Ila Kota Bima pada hari senin (22/5). Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima beserta jajaranya, para narasumber serta seluruh peserta Diklat Pengelolaan Produk Unggulan Daerah.
           
Ir. H.Nurdin menyampaikan bahwa Keberhasilan para pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya baik di Kabupaten Bima akan memberikan dampak positif yang besar terhadap perekonomian masyarakat terutama bagi UMKM  antara lain pendapatan masyarakat/ pelaku usaha dalam UMKM akan meningkat, Lapangan kerja akan terbuka luas dan berbagai usaha terkait akan tertarik pula untuk berkembang. Perekonomian akan memiliki landasan yang lebih kuat dengan mengembangkan sumber daya lokal, hal ini sesuai dengan misi pembangunan Kabupaten Bima antara lain dengan: meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan.
           
Guna pengembangan sumber daya lokal yang tersedia bagi pengembangan ekonomi masyarakat melalui sistem pengelolaan Usaha Daerah yang profesional, efektif dan efisien serta akuntabel dengan didukung sistem dan sarana investasi yang baik melalui penyediaan data potensi investasi guna menarik investasi. Mengembangkan jaringan kerjasama antara pemerintah daerah dengan pihak swasta baik dalam tataran lokal, regional, nasional maupun internasional melalui penyediaan sarana dan prasarana infrastruktur serta SDM yang memadai. Memperluas lapangan kerja dan usaha dengan berbasis ekonomi, kerakyatan, melalui pemberdayaan potensi dan kekuatan ekonomi, lokal terutama pengusaha kecil, menengah dan koperasi dengan membuka akses ke sumber modal, teknologi dan pasar untuk meningkatkan daya saing, serta menggali, mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai budaya, kekayaan budaya daerah dan tradisional guna mempertahankan ketahanan budaya sekaligus mewujudkan pariwisata berbasis budaya dan kerakyatan.
           
Dijabarkan pula, dalam pengelolaan Produk Unggullan Daerah ini, yang perlu menjadi perhatian bagi kita semua dan khususnya bagi para pelaku usaha dalam mengupayakan memantapkan jaringan usaha dengan cara Meningkatkan kualitas SDM dan teknologi untuk pengembangan inovasi, kemasan dan kualitas sehingga usaha yang dijalankan menjadi efisien, Meningkatkan informasi dalam maupun luar tentang produk yang sumber pembelian), Meningkatkan akses pasar bahan baku, terutama dalam hal penyediaan bahan baku yang kurang memadai.
           
Para pelaku usaha harus berperan lebih nyata dalam membantu pemasaran produk usaha kecil. Dengan terpenuhinya hal-hal tersebut diharapkan usaha kecil dan menengah akan mampu bersaing dengan para pelaku usaha lainnya dan secara bertahap akan dapat membangun image yang baik terhadap produknya.
           
Ir. Nurdin berharap dengan adanya diklat ini,kedepannya para UKM dapat mengembangkan usahanya, sehingga dari usaha yang digelutinya dapat meningkatkan pendapatan dari hasil usaha yang dikembangkan dan dapat diperjualbelikan didaerah kita bahkan diluar daerah Kabupaten Bima terkait usaha yang digelutinya.
           
Menurut Laporan panitia pelaksana yang disampikan oleh Kabid Pemberdayaan dan UMKM Diskop Kabupaten Bima Ir. Asrulyaqin bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini direncanakan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tangal 22 s/d 24 Mei 2017 di aula hotel la Ila yang mana dari hasil diklat ini tujuan yang diambil yaitu memberikan pemahaman terkait dengan tata cara mengemas produk  usaha dengan lebih baik, sekaligus  dalam rangka memperkuatan pengolahan produk bagi UMKM, sehingga kedepan para peserta UMKM dapat mengembangkan usaha melalui kegiatan kemitraan, pameran, bazar serta pasar rakyat bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) baik di dalam kota maupun di luar kota, sehingga Sasaran yang ingin dicapai yaitu untuk meningkatkan ekonomi masyarakat terutama bagi UMKM yang ada di tiap – tiap kecamatan dan desa untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
           
Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 30 peserta dari UMKM yang ada di tiap kecamatan dan desa Se – kabupaten Bima, sehingga dari kegiatan ini diharapkan para peserta menerima ilmu terkait dengan tata cara pengemasan produk usaha daerah yang digelutinya.(H/M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.