Header Ads

Bupati Bima Buka Kegiatan Festival Sangiang Api



Bima, Media NTB - Bima- KontrasBima.Com.- Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri pada hari minggu (23/7) usai membuka pertandingan bulu tangkis bupati cup, momentum tersebut juga melakukan kunjungan kerja di kecamatan wera dalam rangka membuka secara langsung festival gunung Api Sangiang.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Para Assisten, Kabag, kadis lingkup pemkab. Bima, juga dihadiri oleh ketua dan anggota DPRD kabupaten Bima, para camat, toga, toma, seluruh panitia pelaksana festival.

Bupati BIma Hj.Indah Dhamayanti Putri dalam arahan, pertama – tama saya selaku kepala daerah menyampaikan apresiasi yang begitu tinggi kepada seluruh ajajran panitia pelaksana yang telah melaksanakan even ini sehingga dengan adanya even ini maka masyarakat akan mengetahui salah satu wisata yang dimiliki oleh daerah kita ini. Untuk itu kegiatan seperti ini agar terus ditingkatkan bahkan saya selaku kepala daerah akan terus mendukung dan mensuport event seperti ini dalam rangka memperkenalkan daerah wisata kita.

Seperti kita ketahui bersama bahwa Sangiang, baik sangiang pulau maupun sangiang darat menyimpan potensi sejarah,budaya dan tradisi,tenunan, kuliner  dan bahari. Pada hari ini, segenap potensi itu dirangkai dalam sebuah festival yang kita kenal dengan Festival Gunung Api Sangiang tahun 2017 dengan 11 mata kegiatan hingga bulan Agustus 2017.   Oleh karena itu Saya dan jajaran Pemerintah Kabupaten Bima menyambut gembira atas terlaksananya Festival Gunung Api Sangiang tahun 2017 ini dengan dukungan penuh seluruh lapisan masyarakat terutama dari desa-desa di kecamatan Wera maupun Ambalawi. Semangat dan semarak pelaksanaan Festival Sangiang ini menunjukkan bahwa antusias masyarakat Wera khususnya di desa Sangiang cukup besar untuk mengangkat dan mempromosikan potensi-potensi yang ada di wilayah ini. Mudah-mudahan semangat ini akan terus berlanjut hingga berakhirnya festival ini dan di tahun-tahun mendatang.

Dengan semangat kebersamaan dan kreatifitas masyarakat Sangiang dalam menggelar Fesitval ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya dalam mengembangkan potensi alam,seni budaya dan tradisi serta potensi-potensi lainya demi kemaslahatan bersama. Untuk itu, pada kesempatan yang berbahagia ini saya mengajak seluruh komponen daerah untuk giat menggali dan mempromosikan segenap potensi di desa baik untuk kepentingan pariwisata dan budaya maupun sektor-sektor lainnya. Bentangan keindahan alam dan sebaran potensi di kabupaten Bima cukup banyak mulai dari potensi pantai, pulau, kearifan dan kreatifitas tradisional, seni budaya, pertanian, peternakan, perkebunan hingga kuliner. Potensi-potensi itu adalah modal besar  untuk dikembangkan agar daerah kita dikenal karena potensinya, buka karena konflik.

Disamping itu kegiatan ini juga dalam rangka untuk menggali dan mengangkat potensi wisata dan budaya. Setahun terakhir, antusias dan kreatifitas beberapa elemen masyarakat untuk melaksanakan event-event budaya dan pariwisata di kabupaten Bima meningkat seperti Festival Uma Lengge, pagelaran seni budaya, kemah budaya serta wisata jelajah. Kreatifitas tersebut memberikan energi positif bagi Pemerintah Daerah untuk memetakan zona-zona unggulan destinasi wisata alam, wisata budaya dan wisata bahari di masa yang akan datang.

Dinda berharap semoga dengan adanya festival ini dalam rangka mempromosikan sektor pariwisata sehingga dengan kita promosi ini maka turis mencanegara maupun lokal akan hadir untuk menyaksikan vestival yang kita suguhkan.

Menurut ketua panitia pelaksana Jukran, S.Pd dalam pengantar, kegiatan ini merupakan salah satu even yang dilaksanakan oleh masyarakat desa sangiang kecamatan wera dalam rangka mengenang meletusnya gunung api sangiang sehingga dengan pagelaran ini masyarakat akan mengetahui kedasyatan meletusnya gunung api sangiang.

Selain mengelar festival gunung api sangiang, kami juga melaksanakan kegiatan menghias perahu sampan, lomba sampan, lomba berenang, lomba perahu layar  serta lomba lainnya dalam rangka vestival gunung api sangiang.

Direncanakan kegiatan ini akan dilangsungkan mulai tanggal 23 Juli s/d 16 Agustus 2017 sehingga dengan pagelaran vestival ini turis mancanegara dan turis lokal dan masyarakat akan disuguhkan atraksi yang dalam mengisi kegiatan tersebut. Imbuhnya.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.