Header Ads

Bupati Bima Jadi Pembicara Pada Seminar Ekonomi Festival Tanjung Langgudu


 
BIMA, Media NTB - Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri jadi Pembicara utama pada Seminar Ekonomi dalam rangkaian kegiatan Festival Tanjung Langgudu yang berlangsung di desa karampi Kamis 17 Agustus 2017 Pukul 13.15 - 15.00 Wita.  Seminar bertujuan membahas hal strategis tentang pemanfaatan Sumber daya alam pada aspek Pertanian, kelautan, perikanan, peternakan dan pariwisata. Dlam kegiatan SEMINAR EKONOMI Turut hadir Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bima Nukrah, S.Sos , Kepala dinas BKD Abdul Wahab, Kepala Diskoperindang Hj. Maysyaroh, Kepala Dinas Pariwisata H. Abdul Muis, Kepala Dinas kelautan dan perikanan dan Camat Langgudu beserta Rombongan.

Lahfin Ketua Umum ATLAS Bima makassar dalam sambutan menjelaskan kegiatan SEMINAR EKONOMI bertujuan membuat MoU dengan pemerintah kabupaten bima dalam membangun Regulasi perekonomian khusus Tanjung Langgudu yang meliputi Desa Karampi, Waduruka, SaraeRuma dan desa pusu dalam pemanfaatan Sumberdaya Alam seperti Pada aspek Pertanian, Kelautan, perikanan, peternakan lebih khusus Pemanfaatan Potensi Wisata sebagai instrumen pertumbuhan ekonomi Wilayah tanjung langgudu, dengan melestarikan budaya tradisional serta Kuliner Khas Karampi sebagai salah satu faktor ketertarikan wisatawan hadir di wilayah tanjung langgudu.

Namun menurut Lahfin, dalam pemanfaatan potrensi wisata tidak didukung oleh infrastruktur Transportasi darat maupun laut sebagai akses. Potensi seperti Wisata Adventur Gunung tebing Langgudu yang menarik, Pantai Sarae tolo desa saraeruma, Pantai tamandaka desa waduruka dan pantai pusu.

"Sehingga kami berharap pemerintah dapat mendukung niat kami untuk mempertimbngkan pembangunan infrastruktur. Dan untuk menjaga stbilitas sosial semoga Tanjung Langgudu bisa dibangun Puskesmas dan Pemekaran kecamatan Tanjung Langgudu" Tuturnya.

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri menanggapi untuk semua permintaan Panitia Festival lebih umum keinginan masyarakat, ke empat poin akan jadi skala preoritas pada pembahasan anggaran.

"Kita berharap semoga Pendapatan daerah Kita kabupaten bima meningkat sehingga Keinginan kita semua dapat dalam waktu dekat terpenuhi" harapnya.

"Saya Salut dengan kerja ATLAS, panitia Festival Tanjung Langgudu yang menggagas kegiatan ini. Saya berharap kegiatan ini menjadi agenda tahunan, sehingga Budaya dapat dilestarikan melalui kegiatan seperti ini" ujarnya.

Usai memberikan paparan, Hj. Indah Dhamayanti Putri yang biasa di sapa Umi Dinda menyerahkan Jaring Pukat, Tali dan peralatan Nelayan kepada Masyarakat salah satunya Jainudin Warga Dusun Soro Bali desa karampi. Bukan hanya itu Umi dinda juga menyerahkan Kartu Nelayan untuk perwakilan nelayan.

Pada kegiatan Festival turut hadir kepala Dinas Pariwisata H. Abdul Muis Alatif yang juga menjadi pembicara. menurutnya, Tanjung langgudu merupakan wilayah yang memiliki kekayaan alam yang banyak mulai dari Teluk dengan Karang dan ikannya dan Tanjung  yang memiliki potensi wisata yang tidak kalah dengan daerah lain. Hanya saja menurutnya, pola pemanfaatan dan sistem tata kelola mulai dari Pemerintah sampai pada kesadaran masyarakat yang melestarikan budaya dan meningkatkan tata kelola kuliner mulai dari cara penyajian hingga memiliki nilai jual yang tinggi.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.