Header Ads

Bupati Jadi Irup HUT Pramuka Ke – 56 Tingkat Kabupaten Bima



BIMA, Media NTB - Pada upacara peringatan Hari Pramuka Ke – 56 tingkat Kabupaten Bima yang dilangsungkan di desa Rupe kecamatan Langgudu pada hari Senin ( 14/8) berlangsung hikmad. Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Bima, Wakil ketua DPRD Kabupaten Bima Nukrah. S.Sos,  Para kepala SKPD lingkup pemerintah kabupaten Bima, camat Langgudu, kakak-kakak ketua mabida, mabicab,mabiran, dan mabigus gerakan pramuka,kakak-kakak pimpinan kwarnas, kwarda,kwarcab dan kwarran gerakan pramuka,kakak-kakak pimpinan saka tingkat daerah dan cabang gerakan pramuka,kakak-kakak ketua mabigus, Pembina gugus depan di seluruh indonesia,kakak-kakak ketua mabigus dan Pembina gugus depan, kakak-kakak pelatih, pembina, pamong, dan instruktur gerakan pramuka,kakak-kakak para mitra gerakan pramuka,adik-adik pramuka.

Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri dalam arahan, yang membacakan sambutan ketua kwartir Nasional Gerakan Pramuka DR. ADHYAKSA DAULT, SH, M.SI. gerakan kepanduan sebagai cikal bakal gerakan pramuka telah ada di bumi pertiwi sejak masa penjajahan belanda tepatnya pada tahun 1912 dengan nama kelompok baik berdasarkan nama etnik maupun keagamaan, jadi sudah 105 tahun eksistensinya di indonesia. namun yang penting dipahami bahwa filosofi dan nilai – nilai kepramukaan digali dari bangsa dan kebudayaan indonesia, yang bersamaan waktunya dengan berkembangnya gerakan kepanduan dunia yang dirintis oleh sirbaden powell di inggris. setelah para pandu indonesia yang merintis sumpah pemuda tahun 1928 dan mendorong proklamasi kemerdekaan republik indonesia tahun 1945, dan kemudian berkembang menjadi banyak organisasi kepanduan.

Presiden soekarno melihat potensi dan militansi kepanduan yang perlu dipupuk menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa. dengan semangat persatuan dan kesatuan, bung karno menyatukan organisasi-organisasi kepanduan itu menjadi gerakan pramuka dengan diterbitkannya keputusan presiden no. 238 tahun 1961. gerakan pramuka merupakan penyatuan dari 60 organisasi kepanduan untuk dapat menjadi perekat bangsa. presiden soekarno telah menyerahkan panji gerakan pramuka kepada sri sultan hamengkubuwono ix, ketua kwarnas gerakan pramuka pada tanggal 14 agustus 1961 yang berpesan bahwa gerakan pramuka berfungsi untuk membina dan memantapkan karakter kaum muda indonesia. pesan bung karno ketika itu “berusahalah sehebat-hebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan gerakan kita. sampai pada suatu ketika setiap anak dan pemuda serta pemudi kita, baik mahasiswa yang di kota maupun yang menggembala kerbau di desa, dengan rasa bangga dan terhormat dapat menyatakan “aku pramuka indonesia”. gerakan pramuka menjadi "rumah besar" kita, dan saya yakin pramuka dapat menyatukan bangsa ini ketika banyak pihak yang memiliki berbagai kepentingan lainnya. potensi gerakan pramuka sangat besar, mimpi dan visimisinya besar, anggota tersebar di seluruh pelosok tanah air, dan jaringan yang kuat dengan organisasinya yang terstruktur secara sistematis.

Dengan mengusung tema hari pramuka ke- 56 tahun 2017 yaitu "bekerja untuk kaum muda, mewariskan yang terbaik bagi bangsa”, mengindikasikan bahwa gerakan pramuka tetap konsisten dan fokus dalam mendidik kaum muda berkarakter melalui berbagai kegiatan yang lebih melibatkan kaum muda untuk mewariskan yang terbaik bagi bangsa, utamanya menyiapkan generasi mileneal untuk menjadi pemimpin terbaik bagi bangsanya. saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh ketua mabida,ketua kwarda, ketua mabicab dan ketua kwarcab gerakan pramuka yang telah mengirimkan peserta untuk mengikuti raimuna nasional ke-xi tahun 2017 yang bertemakan "pramuka untuk masa depan indonesia” dengan slogan kibar (kreatif,inovatif dan berkarakter). peringatan hari pramuka ke-56 tahun 2017 ini sangat istimewa karena bersamaan dengan peresmian pembukaan raimuna nasional ke – xi tahun 2017 oleh presiden republik indonesia selaku ketua majelis pembimbing nasional gerakan pramuka di bumi perkemahan cibubur jakarta. raimuna nasional ke-xi tahun 2017 diikuti oleh 15 ribu pramuka penegak dan pramuka pandega dari 514 kabupaten/kota 34 provinisi dan gugusdepan kedutaan besar/konsulat jenderal di luar negeri serta pramuka dari berbagai belahan dunia yang berasal dari region kepanduan asia pasifik, timur tengah, eropa, dan interamerika. saya engucapkan selamat datang kepada adik-adik peserta raimuna nasional ke-xi tahun 2017 di kampus gerakan ramuka, bumi perkemahan cibubur, jakarta timur. untuk itu, mohon adik-adik pramuka dimanapun berada hendaknya mendoakan bagi peserta dan sangga kerja raimuna nasional xi tahun 2017, semoga perhelatan akbar ini berjalan lancar dan sukses.

Dinda  berharap melalui peringatan HUT Pramuka Ke – 56 ini diharapkan agar gerakan pramuka selalu diberi ruang dan dukungan untuk dapat terus merealiasikan visi-misinya,khususnya terhadap pelaksanaan pembentukan karakter kaum muda indonesia di seluruh tanah air. sebab, kita sangat yakin bahwa pramuka inilah gardaterdepan bangsa, garda terdepan pancasila, yang merupakan aset penting bagi keutuhan nkri. gerakan pramuka telah mencapai usia 56 tahun merupakan waktu yang tidak pendek untuk membuktikan bahwa gerakan ini telah memberikan kontribusi yang nyata dalam dunia pendidikan di indonesia. sampai saat ini semangat itu tidak pernah pudar, dan tidak boleh pudar. kami selalu bekerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi kaum muda dan bangsa indonesia. dalam gerakan pramuka inilah tidak adanya sekat-sekat politik, daerah, agama, dan terlebur menjadi kebhinekaan yang indah. untuk itu, saya menghimbau kepada publik secara luas khususnya para orangtua dan guru, agar tidak ragu-ragu untuk memberikan kesempatan sekaligus dukungannya kepada putra-putrinya untuk mengikuti kegiatan kepramukaan di gugus depan masing-masing.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.