Header Ads

Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bima Serahkan Bantuan Pertanian




BIMA, Media NTB - Kamis (10/08), bertempat di Kantor Dinas Pertanian Kota Bima diserahkan sejumlah bantuan peralatan dan mesin pertanian (Alsintan) bagi para kelompok tani penerima. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Walikota Bima H.A Rahman H Abidin SE. Hadir pula dalam acara penyerahan bantuan tersebut Kasdim 1608/Bima, perwakilan polres Bima Kota, para pejabat daerah dari berbagai tingkatan, camat/lurah, para penyuluh dan pengurus kelompok tani.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bima Ir. Hj Rini Indriati melaporkan bahwa pemberian bantuan ini dimaksudkan untuk mendukung program upaya khusus (UPSUS) komoditi tanaman pangan (padi, jagung dan kedelai) di Kota Bima.

"Pemberian bantuan ini diharapkan dapat memudahkan petani dalam penanganan pasca panen, meningkatkan efisiensi waktu pasca panen, mengurangi angka kehilangan hasil panen dan tepat waktu pengolahan lahan serentak", jelas Kadis Pertanak.

Bantuan berupa alat dan mesin pertanian (Alsintan) yang bersumber dari APBD II maupun APBN antara lain Bantuan pemipil jagung sejumlah 5 unit, Hand traktor sebanyak 27 unit, mesin pompa air sebanyak 30 unit, mesin perontok padi sebanyak 2 unit, mesin tanam padi sebanyak 2 unit, mesin tanam jagung sebanyak 2 unit dan hand sprayer sebanyak 100 unit. Adapun total kelompok penerima bantuan untuk tahun 2017 di Kota Bima sebanyak 120 kelompok tani.

Dalam arahannya Wakil Walikota Bima H A Rahman H Abidin SE menyampaikan apresiasinya kepada babinsa dan bhabinkamtibmas yang menjadi pendamping kelompok tani dalam upaya peningkatan produksi pertanian serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat pada lingkungan kelurahan.

"Alhamdulillah, setiap tahun kita terus mendapatkan bantuan dan peralatan dan mesin pertanian dari pemerintah pusat. Untuk menjawab hal tersebut kita perlu bersyukur dengan menjaga amanah dan memanfaatkan peralatan yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya", pesan Wawali kepada para kelompok tani yang hadir.

Diakhir sambutan diajaknya seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kebersamaan, jaga silaturrahmi dan ukhuwah islamiyah terutama dalam menyambut pesta rakyat Pemilukada Tahun 2018.

"Mari kita perkuat kebersamaan menyambut Pemilukada tahun 2018. Jangan ada saling menjelekkan antara calon maupun pendukung calon. Semua yang mencalonkan diri adalah putra daerah terbaik yang ingin membangun daerah ini", pesan Wawali.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.