Header Ads

Dinas Sosial Kota Bima Gelar Bimtek Karang Taruna



BIMA, Media NTB - Selasa, 22 Agustus 2017 Dinas Sosial Provinsi NTB bekerjasama dengan Dinas Sosial Kota Bima menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Karang Taruna di Aula Kantor Kelurahan Nungga Kecamatan Rasanae Timur. Bimtek dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE dan diikuti 30 pengurus karang taruna yang berasal dari Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu. Hadir sebagai narasumber Ketua Forum Karang Taruna Provinsi NTB Ma’ruf Syamsuddin, M.Pd.

Menurut laporan Kepala Dinas Sosial Kota Bima Drs. H. Muhidin, MM Bimtek karang taruna bertujuan untuk menumbuhkembangkan karang taruna yang berkualitas, cerdas, terampil, dan inovatif yang dapat menjadi pilar pendukung program pemerintah yang ada di desa/kelurahan pada tiga kabupaten/kota.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Provinsi NTB, H. Amir, S.Pd.,MM menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek karang taruna sengaja dilaksanakan di Kota Bima karena Kota Bima adalah contoh baik sekaligus pioner dalam pembinaan karang taruna di daerah. “Akhir 2016 lalu Walikota Bima sebagai penerima penghargaan tertinggi sebagai bentuk dedikasi keberhasilan pembina karang taruna terbaik nasional, yaitu penghargaan ADITYA KARYA MAHATVA YODHA yang diserahkan di Palembang Sumatera Selatan. Bapak walikota langsung menerima beserta Bupati KLU dan Gubernur NTB” kata H. Amir, S.Pd.,MM

Dijelaskannya, Bimtek bagi pengurus Karang Taruna merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas karang taruna sebagai salah satu pilar sosial dalam menangani penyandang masalah kesejahteraan sosial di daerah. Ia berharap kegiatan Bimtek dapat meningkatkan pengetahuan karang taruna dalam pengelolaan kelembagaan dan organisasi karang taruna, pengelolaan penyelenggaraan usaha ekonomi produktif, dan penyelenggaraan kesejahteraan sosial sekaligus mampu mengembangkan jaringan kerja karang taruna.

Sementara itu, Wakil Walikota Bima dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Sosial Provinsi NTB yang telah menfasilitasi kegiatan Bimtek di Kota Bima. Wawali juga mengapresiasi pemuda karang taruna Kota Bima yang telah berperan aktif dalam program sosial kemasyarakatan sehingga pada tanggal 9 Desember 2016 lalu Kepala daerah Kota Bima mendapatkan penghargaan ADHITYA KARYA MAHATVA YODHA dari Kementerian Sosial RI kategori Pembina Umum Karang Taruna Kabupaten/Kota terbaik Tahun 2016.

Dikatakannya, karang taruna merupakan komponen masyarakat yang memiliki andil yang luar biasa dalam menentukan pemberdayaan masyarakat khususnya kaum muda. Karang taruna juga memiliki peran penting dalam memotivasi para pemuda dan anak-anak agar mau mengisi masa mudanya dengan berkarya berkegiatan secara positif sehingga tidak mudah terjerumus dalam penyalahgunaan obat-obatan, minuman keras dan tindak kekerasan.

“Sekarang semakin banyak kita dengar kiprah positif para pemuda karang taruna, contohnya, karang taruna Kelurahan Lelamase yang menjaga kelestarian dan kebersihan kawasan wisata Pundu Nence atau karang taruna Kelurahan Kolo yang bekerjasama dengan komunitas Snorkling dalam upaya menjaga kelestarian terumbu karang di So Numbe. Inilah fungsi utama karang taruna sebagai motivator sekaligus evaluator membantu pemerintah dalam menjalankan tugas sebagai pelayan masyarakat”. Ujar Wakil Walikota

Di akhir sambutannya wakil walikota berharap khususnya kepada karang taruna Kota Bima agar berperan aktif dalam menjaga stabilitas daerah menjelang pesta demokrasi dan terus termotivasi memberikan pengabdian demi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.