Header Ads

Pimpin Rakor, Bupati Bima Minta SKPD Lebih Proaktif



BIMA, Media NTB - Untuk lebih meningkatkan kinerja SKPD dan menyentuh harapan masyarakat, Bupati menginstruksikan agar para kepala SKPD lebih proaktif menjabarkan program yang menyentuh kebutuhan masyarakat di tingkat kecamatan dan desa.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri Senin (14/8) saat memimpin Rapat Koordinasi dengan Sekretaris Daerah, para Asisten, Kepala SKPD dan Kabag Lingkup Setda di Ruang Rapat Bupati Bima.

“Sampai saat ini baru dua SKPD yang telah membuat buku saku yang berisi rangkuman kegiatan masing-masing SKPD, padahal buku saku tersebut penting untuk menginformasikan kepada masyarakat berkaitan dengan program/kegiatan yang dijabarkan SKPD pada tahun berjalan”. jelas Bupati.

Bupati yang pemimpin Rakor usai menjadi Inspektur upacara pada HUT ke-56 Pramuka di lapangan Desa Rupe Kecamatan Langgudu juga mengingatkan pentingya akurasi data sektoral, “Kepala SKPD diharapkan menghindari ketimpangan data agar tidak bias dalam perumusan program serta pelaksanaan dan evaluasi kegiatan masing-masing unit kerja “. Terangnya.

Selain soal data kepala SKPD juga diharapkan lebih meningkatkan koordinasi dengan jajaran dibawahnya. “Dengan telah dilakukannya pelantikan dan pengukuhan pejabat Unit Teknis Pelaksana Dinas (UPTD) di seluruh kecamatan, kepala SKPD dapat berkoordinasi lebih intensif untuk melakukan evaluasi dan pelaporan kegiatan”. Himbau Bupati.

Pada Rakor tersebut Bupati secara khusus mengingatkan SKPD terkait seperti Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa  (DPMDes) untuk melakukan pengawasan secara ketat pengelolaan dana desa.

“Sebagaimana diketahui bahwa pengelolaan dana desa mendapatkan perhatian khusus Kementerian Desa  dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Oleh  karena itu, DPMDes diharapkan  melakukan pengawasan  pengelolaan Dana Desa. Disamping pada saat yang sama juga terus upaya meningkatkan kapasitas dalam tata kelola dana desa baik  melalui bimbingan pelatihan maupun beragam kegiatan lainnya bagi aparatur pengelola dana desa agar lebih transparan dan memenuhi ketentuan yang berlaku”. Harap  Bupati.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga dengarkan capaian realisasi program masing-masing unit kerja sampai dengan triwulan III.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.