TGB: Organda Ikut Meningkatkan Daya Saing Bangsa



Mataram, Media NTB - Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi menegaskan Organisasi Angkutan Darat (Organda) memiliki peranan penting untuk meningkatkan daya saing bangsa. Sebagaimana yang presiden Jokowi programkan bahwa kalau ingin meningkatkan daya saing nasional, maka yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kemantapan arus logistik nasional. Dengan demikian, pergerakan logistik dari simpul barang yang satu ke simpul yang lain sangat ditentukan oleh pergerakan angkutan yang ada. Salah satunya adalah transportasi darat, ujar Gubernur yang akrab disapa TGB itu.

Angkutan darat, menurutnya juga ikut berkontribusi bagi naik turunnya inflasi di daerah. Sehingga, ketika terjadi kenaikan inflasi, maka salah satu yang ikut andil di dalamnya adalah pergerakan angkutan barang kebutuhan masyarakat yang mengalami hambatan dari daerah yang satu ke daerah yang lain.

Gubernur menegaskan hal itu saat Musyawarah Kerja Nasional II tahun 2017 Organda periode 2015-2020, di Hotel Lombok Raya Mataram, Rabu sore (02/08/2017). Ditegaskannya, kalau kita ingin meningkatkan daya saing bangsa, maka sistem logistik nasional harus kuat serta transportasi darat kita harus semakin mantap. ''Organda berperan sangat besar untuk itu,'' jelasnya.

Pada kegiatan yang berlangsung mulai 2-4 Agustus 2017 tersebut, Gubernur mengapresiasi peran organda yang selama ini turut andil membangun daerah. Misalnya, indrustri pariwisata yang saat ini tumbuh dengan baik, merupakan salah satu cermin kontribusi positif organda dalam memberikan pelayan terbaik. Menurut TGB, meskipun Indonesia ini merupakan negara kepulauan, namun hampir seluruh aktivitis manusia dihabiskan di darat. Sehingga sebagian besar kepentingan manusia, baik secara individu maupun kolektif membutuhkan mobilisasi melalui transportasi darat, tuturnya

Karena itu, TGB mengajak organda untuk terus mendorong pembangunan daerah melalui peningkatan kinerja layanan angkutan darat yang semakin baik dan menjangkau seluruh lapisan Masyarakat.

Dewan Pertimbangan DPP organda, Suroyo Ali Muso mengungkapkan bahwa organda secara organisasi perlu meningkatkan peranannya dalam urusan kebijakan transportasi baik untuk angkutan barang maupun angkutan penumpang. Selain itu, ia meminta seluruh jajaran pengurus untuk senantiasa meningkatkan hubungan baik dengan anggota agar organisasi tersebut dicintai dan memiliki kontribusi bagi semua pihak. ''Hal yang lebih utama adalah meningkatkan SDM, baik itu pengemudi, manajemen maupun teknisi,'' ujarnya.

Ia juga meminta jajaran pengurus untuk menyikapi perkembangan teknologi saat ini. Yaitu dengan terus memperbaiki layanan, sehingga masyarakat marasa membutuhkan angkutan yang aman dan nyaman.

Ketua Umum DPP Organda, Adrianto Djokosoetono, ST. M.BA sebelumnya melaporkan bahwa kegiatan Mukernas tahun ini merupakan ruang untuk koordinasi dan evaluasi tentang program yang selama telah dilaksanakan. Dengan evaluasi tersebut, menurutnya akan ada hal-hal yang perlu dibenahi, terutama dalam hal pelayanan. Mengingat, saat ini persaingan di bidang transportasi sudah semakin meningkat, apalagi munculnya transportasi modern yang berbasis online. Karena itu, Ia mendorong seluruh transportasi darat untuk memanfaatkan teknologi yang ada saat ini dengan membuat aplikasi yang tidak hanya memudahkan masyarakat namun juga meningkatkan efektifitas dan efisiensi palayanan.

Mukernas II tersebut mengusung tema ''Organda mendorong peningkatan kualitas angkutan jalan raya nasional yang legal dan bermartabat dengan penggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan jasa pelayanan transportasi angkutan umum''. Kegiatan tersebut dihadiri seluruh pengurus DPD Organda se-Indonesia. Hadir juga saat itu Kakorlantas Polri, Irjen Royke Lumowa, MM., Dirjen Angkutan Darat, Kementerian Perhubungan RI, Hendro Surahmat dan anggota Forkopimda Provinsi NTB.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.