Tinjau Korban Kebakaran di Desa Pusu, Wakil Bupati Serahkan Bantuan



BIMA, Media NTB - Sebagai bentuk dari keprihatinan kepada warga masyarakat yang berada di desa Pusu kecamatan Langgudu yang mengalami musibah kebakaran, pada hari selasa ( 29/8) Wakil BUpati Bima Dahlan M.Noer melakukan kunjungan untuk meliaht keadaan warga masyarakat yang mengalami musibah kebakaran yang dirangkaikan dengan pemberian bantuan tanggap darurat. Kegiatan tersebut didampinggi  oleh Tim Tagana dari Dinas Sosial kabupaten Bima, camat Langgudu, Kapolsek Langgudu.

Dahlan M.Noer pada  saat meninjau rumah warga yang mengalami kebakaran mengatakan, pertama – tama saya atas nama pemerintah daerah dan pribadi sangat prihatin atas musibah yang dialami oleh bapak Muhammad Rum dimana rumah kayu 16 tiang telah hangus terbakar dan menimbulkan kerugian harta benda yang tidak bisa terselamatkan sehingga dari kejadian ini harta benda milik bapak Muhammad Rum tidak bisa terselamatkan.

Oleh karenanya dengan musisbah ini saya selaku kepala daerah menghimbau kepada bapak Muhamad Rum agar dapat mengambil hikmah dari musibah yang dialami ini walaupun harta benda tidak bosa terselamatkan.

Terkait dengan bantuan dari pemerintah daerah, saya menghimbau kepada kepala desa Pusu kecamatan langgudu agar dapat mendata terlebih dahulu berapa jumlah kerugian yang dialami warganya, sehingga dengan adanya data yang konkrit maka kepala desa dapat mengajukan kepemerintah daerah perihal bantuan untuk korban kebakaran yang telebih dahulu sepengetahuan para camat dan unsure muspika agar dapat diteruskan kepada kepala daerah.

Dahlan M.Noer berharap semoga dengan adanya kejadian ini mari kita ambil hikmahnya, hal ini dikarenakan kejadian ini merupakan cobaan dari Allah, SWT kepada kaumnya.

Menurut camat langgudu Muhamad Rum, bahwa kejadian ini merupakan kejadian yang cepat terjadi dimana kejadian ini terjadi pada hari selasa tanggal 29 Agustus 2017 sekitar pukul 11.58, dimana kejadian ini berawal dari sebuah ledakan kompor yang menyala, sehingga menyambarkan bensin dan solar yang ada di bawah kolong rumah bapak Muhammad Rum  dan pada waktu itu angin berhembus kencang.

Dari kejadian tersebut bapak Muhammad Rum tidak berada di rumah, dimana bapak muhamad rum pergi untuk berladang sehingga pada saat kejadian rumah dalam keadaan kosong sehingga semua perabot yang ada semuanya mengalami kebakaran, serta api menyala dengan begitu cepatnya sampai mengena di rumah tetangga yang mengalami rusak ringan.

Sementara itu terkait dengan keberadaan mobil kebakaran, pada saat itu mobil damkar datang untuk menyelamatkan rumah warga akan tetapi kedatangan mobil damkar telah terlambat, hal ini dikarenakan api telah menjalar di rumah bapak Muhammad Rum sehingga tidak dapat menyelamatkan harta benda. Sebelum kedatangan mobil damkar warga masyarakat di sekitar tempat kejadian juga saling bahu membahu untuk mematikan apinnya akan tetapi api terus menyala dan tidak dapat menyelamatkan rumah dan harta benda.

Disamping musibah kebakaran yang dialami oleh Bapak Muhamamd Rum, ada 3 (tiga) rumah yang mengalami rusak ringan yaitu rumah milik Ibu  Fatmah, Ibu hartati dan Ibu Umri dan rumah yang mengalami rusak ringan.

Sebagai bentuk dari keprihatinan ini, Wakil Bupati Bima Dahlan M.Noer memberikan bantuan tanggap darurat berupa selimut, baju, makanan ringan, beras serta alat kebutuhan rumah tangga, sehingga dari bantuan ini sedikit tidaknya dapat meringankan beban yang dialami oleh Bapak Muhammad Rum sekeluarga. Disamping itu bagi rumah warga yang mengalami rusak ringan  kami juga memberikan bantuan tanggap darurat berupa selimut, baju, makanan ringan, beras serta alat kebutuhan rumah tangga dalam rangka meringankan beban mereka.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.