Header Ads

Wakil Walikota Canangkan Kampung KB Kecamatan Raba



BIMA, Media NTB - Setelah Kelurahan Sadia Kecamatan Mpunda, kembali, Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE melakukan pencanangan Kampung KB sekaligus pemantapan pelaksanaan operasional program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Kali ini dilakukan di Lingkungan Busu Kelurahan Ntobo Kecamatan Raba. Pencanangan ditandai dengan pelepasan balon di SDN 52 Kota Bima Rabu, 30 Oktober 2017.


Hadir ketua Tim Penggerak PKK Kota Bima, Hj. Yani Marlina, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kota Bima, anggota bhayangkari, anggota persit kartika chandra kirana, camat dan lurah, penyuluh dan penggerak keluarga berencana, tokoh wanita, tokoh agama serta tokoh masyarakat Kelurahan Ntobo Kecamatan Raba.


Dalam pengantarnya, Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Bima Dra. Siti Asmah menyampaikan bahwa kegiatan dilakukan sebagai tindak lanjut pencanangan kampung KB tingkat nasional oleh Presiden RI yang telah dilaksanakan di Desa Merta Singa Kabupaten Cirebon Jawa Barat dan pencanangan kampung KB tingkat provinsi oleh Gubernur NTB di Dusun Telaga Waru Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat. “Jadi hari ini Wakil Walikota Bima mencanangkan kampung KB Kota Bima di Lingkungan Busu Kelurahan Ntobo Kecamatan Raba” kata Dra Siti Asmah.


Sebelum pencanangan, dilakukan kegiatan gotong royong untuk membersihkan lingkungan, seperti parit dan selokan sekaligus menyiapkan kelompok kegiatan bina keluarga balita, bina keluarga remaja, bina keluarga lansia, kelompok UPPKS dan kelompok PIK remaja yang nantinya akan dibina dan dikembangkan.


Sementara itu, wakil walikota menyampaikan apresiasi kepada Tim Penggerak PKK Kota Bima, organisasi wanita dan Dinas Pemberdayaan dan Pengendalian Perempuan yang telah sukses mendukung sekaligus mengampanyekan progam Keluarga Berencana, keluarga bahagia dan sejahtera. “Berkat kerja keras organisasi wanita beserta semua pihak, tahun 2016 Pemerintah Kota Bima mendapatkan penghargaan satya lencana di bidang kependudukan dari Presiden RI yang diterima langsung oleh Walikota. Alhamdulillah pada tahun 2017 juga saya menerima penghargaan di bidang kependudukan dari BKKBN pusat”. kata wakil walikota.


Diakuinya, penghargaan yang diperoleh merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap kinerja baik pemerintah daerah dalam rangka membangun keluarga sejahtera dan keluarga bahagia sekaligus mampu mengendalikan laju pertumbuhan penduduk.


Disampaikannya, kampung KB memiliki peran penting dalam rangka mensukseskan salah satu program nawacita pemerintah, yakni membangun masyarakat dari pinggiran, karena kampung KB dibentuk untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat pada tingkat kampung melalui program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.


Kampung KB tak hanya berbicara soal membatasi ledakan penduduk tapi juga memberdayakan potensi masyarakat agar berperan nyata dalam pembangunan. Selain itu, peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta sangat diharapkan dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidupnya. “Kesuksesan program ini tergantung pada kerjasama berbagai elemen yang terlibat, mulai dari pemerintah, lembaga non pemerintah maupun swasta” kata wakil walikota.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.