Header Ads

BI Gelar Lokakarya Lomba Cerdas Cermat Kebangsentralan Tingkat SMA se-Provinsi NTB

BIMA, Media NTB - Bank Indonesia (BI) selaku bank sentral Republik Indonesia Provinsi NTB menggelar lokakarya lomba cerdas cermat kebangsentralan tingkat SMA/MA se-Provinsi NTB di aula kantor Walikota Bima Kamis, 14 September 2017.


Lokakarya dibuka oleh Plt. Sekretaris Daerah Kota Bima Dr. Ir. Syamsudin, MS. Peserta berjumlah 200 orang terdiri atas kepala sekolah, guru, dan siswa yang berasal dari Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu.


Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, Ni Putu Sulastri mengatakan lomba cerdas cermat kebangsentralan merupakan kegiatan rutin Bank Indonesia sejak tahun 2015 untuk melakukan edukasi kepada siswa/siswi SMA/MA mengenai peran dan tugas Bank Indonesia sebagai bank sentral melalui metode perlombaan. Selain itu, dengan adanya perlombaan seperti ini diharapkan siswa/siswi dapat mengenal peran dan tugas bank Indonesia dan dapat menularkannya kepada masyarakat.


Tahap awal lokakarya kebangsentralan di lakukan di 3 kabupaten/kota, yaitu Kota Bima, Kabupaten Sumbawa Besar dan Kota Mataram. Selanjutnya pelaksanaan kegiatan inti lomba cerdas cermat akan dilaksanakan pada tanggal 14 – 15 oktober 2017 bertempat di kantor Bank Indonesia Kota Mataram.


Sementara itu, Plt. Sekda Dr Ir. Syamsudin, MS dalam sambutannya mengapresiasi Bank Indonesia Provinsi NTB yang melaksanaan lomba cerdas cermat kebanksentralan di Kota Bima.


Disampaikannya, sebagai lembaga tinggi negara yang memiliki tugas dan fungsi yang sangat penting dan krusial dalam sistem ekonomi Indonesia, Bank Indonesia memang perlu menempuh cara-cara yang inovatif dan menarik dalam melaksanakan sosialisasi kebanksentralan. Salah satunya, dengan lomba cerdas-cermat antar siswa SMA. Katanya, cara itu dilakukan karena pendidikan menengah formal dinilai menjadi objek sosialisasi yang sangat baik, mengingat generasi muda saat ini sangat aktif di media sosial dan status mereka sebagai tunas bangsa.


“Dengan dilaksanakan model perlombaan dengan sistem penghargaan, kegiatan ini diharapkan mampu mendorong siswa untuk mempelajari ekonomi dan kebanksentralan, serta menginformasikannya kepada masyarakat di daerah”. Ujar Dr. Ir. Syamsudin, MS.



Ia berpesan kepada para siswa/siswi agar memanfaatkan ajang ini untuk menambah pengetahuan, menambah teman dan memperkaya pengalaman sekaligus mempersiapkan diri untuk menampilkan kemampuan terbaik.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.