Kegiatan FKN di Cirebon, Pemkab. Bima Alokasikan Rp 450 Juta

Bupati Bima, Hj Indah Damayanti Putri
BIMA, Media NTB - Kesultanan Bima merupakan salah satu anggota yang tergabung dalam Forum Komunikasi, Informasi Keraton Nusantara (FKIKN) sebuah wadah kerajaan dan kesultanan Nusantara yang secara rutin menggelar Festival Keraton Nusantara (FKN) yang dilaksanakan secara bergilir.

              
Bupati Bima melalui kepala Subbagian Protokol Sekretariat Daerah Yang Suryadin M.Si Sabtu pagi (16/09/2017) menyampaikan bahwa, keikut sertaan Rombongan Kesultanan Bima pada penyelenggaraan Festival Keraton Nusantara (FKN) Ke - 11, yang berlangsung tanggal 15 - 19 September di Keraton Kasepuhan Cirebon merupakan media pelestarian budaya dan promosi pariwisata daerah.

         
Lebih lanjut Yan mengungkapkan, dari sisi anggaran, pada FKN Ke – 10 yang berlangsung tanggal 9-12 Oktober 2016 di Pangkalan Bun – Kotawaringin, pemerintah daerah mengalokasikan dana senilai Rp 350 juta. Sedangkan pada FKN di Cirebon, pemerintah daerah telah mengalokasikan dana hibah melalui Majelis Adat Dana Mbojo Rp 450 juta. Peningkatan jumlah anggaran ini disebabkan karena waktu pelaksanaan FKN yang lebih lama dan jumlah rombongan yang diikutkan kurang lebih 80 peserta.

Perwakilan Kesultanan Bima pada Acara FKN di Cirebon. Foto: Alan Malingi
            

Adapaun dana sebesar itu, kata Yan, akan digunakan untuk mengikuti seluruh rangkaian acara yang berlangsung selama 5 hari, baik acara kirab, pameran benda-benda pusaka, pagelaran tari tarian, seminar dan dialog budaya, pagelaran busana dan budaya keraton serta musyawarah, termasuk komponen transportasi dan akomodasi peserta.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.