Header Ads

Lingkungan Ni’u Dicanangkan Sebagai Kampung KB di Rasanae Barat


BIMA, Media NTB - Penacanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) di lima kecamatan di Kota Bima terus berlanjut. Senin (04/09) pagi pencanangan kampung KB Tingkat Kecamatan Rasanae Barat dipusatkan di Rt 17 Rw 06 Lingkungan Ni’u kelurahan dara. Pancananngan dilakukan oleh Wakil Walikota Bima H. A Rahman H Abidin, SE bersama Ketua GOW Kota Bima Hj Badra Ekawati A Rahman.


Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kepala OPD lingkup pemerintah Kota Bima dari berbagai tingkatan, Camat Rasanae Barat, Sekretaris TP PKK Kota Bima, Perwakilan Persit Candra Kirana, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, perwakilan Bhayangkari Kota Bima, organisasi wanita lainnya, Tokoh agama/tokoh masyarakat dan organisasi pemuda setempat.


Acara diawali dengan persembahan tarian rimpu persembahan sanggar La Gunti Rante yang merupakan anak PIK (Pusat Informasi Keluarga) Doro Londa. Dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus Pokjanal Kampung KB yang diketuai oleh Lurah dara.


Dalam profil kelurahan Dara yang dipaparkan oleh Lurah Dara Bukhari, S.Sos mengatakan bahwa di Rw 06 terdapat lebih dari 251 KK dengan mata pencaharian utama dibidang peternakan dan pertanian. Baginya, pencanangan kampung KB di RW 06 menjadi motivasi semua elemen yang ada di lingkungan Ni’u untuk bersama-sama menjadi keluarga yang lebih sejahtera di kemudian hari melalui program KB dan program lain yang terkait dengan peningkatan keluarga sejahtera.


Sedangkan Wakil Walikota Bima H.A Rahman H Abidin SE mengatakan kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program kependudukan.baik itu program KB maupun Pembangunan Keluarga secara utuh di lapangan. Kota Bima di bidang kependudukan dan keluarga berencana telah meraih penghargaan Satya lencana di Bidang Kependudukan dan keluarga berencana yang diberikan oleh Presiden republik Indonesia pada tahun 2016 lalu.


“Ini merupakan kerja keras seluruh masyarakat Kota Bima yang secara totalitas telah bahu membahu melaksanakan program kependudukan keluarha berancara di Kota Bima”, jelas Wawali.


Dijelaskannya bahwa Kampung KB merupakan salah satu bentuk / model miniature pelaksanaan total program Kependudkan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh yang melibatkan seluruh bidang dan mitra kerja instansi terkait sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di lingkungan terendah. Kampung KB, dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat. Dalam hal ini dilaksanakan guna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat, untuk memperoleh pelayanan total program KB.


“Itu dilakukan sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas, agar mampu mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul dan kehidupan keluarga yang berkualitas, tenteram dan sejahtera. Sehingga Program ini menjadi urgen dilakukan, mengingat jumlah penduduk semakin bertambah dari waktu ke waktu," lanjut Wawali.


Diakhir sambutannya Wakil Walikota berpesan kepada para generasi muda agar berani mengatakan “TIDAK” pada pernikahan Dini, Seks bebas dan Narkoba. Baginya, inti utama dari program KB ini adalah memepersiapkan masa depan generasi muda yang handal untuk meneruskan tongkat estafet pembangunan, oleh karenanya penting bagi seluruh masyarakat untuk mengajarkan anak-anak kita untuk menjauhi tiga hal tersebut dengan memberikan bekal pendidikan agama dan akhlak yang baik kepada anak-anak.



Pencanangan ditandai dengan pemotongan Pita dan pelapasan balon oleh Ketua GOW Kota Bima dengan didampingi oleh Wakil Walikota Bima dan Sekretaris TP PKK Kota Bima.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.