Header Ads

Ragam Busana Adat Mbojo Diperkenalkan pada Kirab FKN XI di Cirebon



BIMA, Media NTB - Kontingen kesultanan Bima mendapatkan urutan ke 46 dalam kirab prajurit Keraton Nusantara XI Cirebon 2017. Ada sebanyak 60 perwakilan Keraton Nusantara yang ambil bagian dalam Event ini. Ragam busana yang dikenakan dalam kirab yang mengambil star di depan SPBU kota Cirebon menuju istana kesepihan Cirebon dengan jarak 2 kilometer ini mendapatkan perhatian dari para penonton dan awak media. Kesultanan Bima menampilkan pakaian khas Sultan dan Putera Mahkota dengan mahkota kerajaan bersepuh emas dan keris keris pusaka kerajaan. 


Rombongan terdirri dari Ruma Bicara atau perdana menteri, Rato Renda atau panglima perang, mufti kesultanan,penghulu melayu, keluarga dan kerabat kesultanan, pakaian siki lanta untuk para pejabat setingkat Tureli dan Jeneli, pakaian Siki Hitam gelarang, pakaian para suba atau prajurit kesultanan, Rimpu, pakaian pengantin serta pakaian pasukan berkuda.


Dalam kirab tersebut, hanya kesultanan Bina dan Solo yang menampilkan atraksi pasukan berkuda.


Rombongan dipimpin oleh ketua Majelis Adat Dana Mbojo Hj. Ferra Amalia, SE. MM. Sementara di panggung kehormatan, rombongan diterima oleh Jena Teke Kesultanan Bima Muhammad Putra Ferryandi dan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri dan seluruh Raja dan Sultan nusantara yang hadir dengan berbagai atribut kebesarannya.



Atraksi Mihu dari Rato Renda mengawali atraksi kesultanan Bima di halaman kesepuhan Cirebon kemudian disusul aksi penari Soka, Sere, dan Hadrah Rebana.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.