Header Ads

Wakil Walikota Hadiri Rembuk Kota Hijau FKH Kota Bima


BIMA, Media NTB - Wakil Walikota Bima H.A Rahman H Abidin, SE menghadiri rembuk Kota Hijau yang dilaksanakan oleh Forum Komunitas Hijau (FKH) Kota Bima pada Senin (04/09) di Taman Ria Gunung Dua Kota Bima. Acara ini dihadiri pula oleh unsur dari direktorat Bina Penataan Bangunan, Direktorat jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan juga dari satuan kerja penataan bangunan dan lingkungan (SATKER PBL) Provinsi NTB. Kedua unsur ini juga sekaligus menjadi narasumber dalam diskusi pemangku kepentingan dan komitmen tindak lanjut setiap pemangku kepentingan.


Hadir pula dalam kegiatan tersebut kepala DLH Kota Bima, Kepala Bappeda Kota Bima, Kepala Satpol PP Kota Bima, Kepala Pertamina Depo Bima, Pelindo serta beberapa unsur BUMN/BUMD lainnya. Kegiatan Rembuk Kota Hijau kali ini bertemakan “Vandalisme dan ternak liar di Kota Bima”.


Wakil Walikota Bima dalam sambutannya menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Forum Komunitas Hijau (FKH) Kota Bima yang telah menggagas kegiatan ini sebagai wujud nyata dalam upaya mewujudkan kota hijau (green city). Baginya, ruang terbuka hijau atau taman kota yang bisa menjadi tempat rekreasi dan interaksi masyarakat. Semakin banyak pilihan rekreasi yang ada akan berpengaruh pada indeks kebahagiaan masyarakat.


“Kondisi inilah yang ingin kita upayakan di Kota Bima, yaitu mewujudkan semakin banyak ruang terbuka hijau sebagai ruang ekspresi, refreshing dan interaksi warga”, jelas Wawali.


Dijelaskannya, untuk menjaga ruang-ruang terbuka hijau yang ada saat ini maka perlu pula dibangun kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melepas hewan ternak di wilayah perkotaan. Selain itu, banyak hal pula yang bisa dilakukan bersama diantaranya kampanye kesadaran lingkungan, gerakan bersih pantai dan sungai secara bersama-sama, penghijauan, kampanye gerakan tidak buang sampah sembarangan, dan lain-lain.


“Kesadaran masyarakat ini perlu digugah dan kegiatan ini menjadi upaya kita pula untuk menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keindahan lingkungan kita. Minimal dimulai dari diri kita sendiri”, ajak Wawali.



Acara diakhiri dengan penandatanganan komitmen bersama pemerintah Kota Bima dengan Komunitas Hijau Kota Bima dalam rangka menangani isu vandalisme/ternak liar di Kota Bima.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.