Bupati Bima Lakukan Panen Perdana Bawang Merah


BIMA, Media NTB - Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri usai menghadiri HUT TNI ke – 72 siang harinya ( 5/10)  menuju kecamatan Lambu tepatnya So. Tolo NaE desa rato kecamatan Lambu dalam rangka melakukan panen perdana Bawang Merah. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasubdit Pengolahan Holtikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Diah Ismayaningrum, Bapak Wakil Bupati Bima, Anggota DPRD Kabupaten Bima, kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima beserta jajaranya, Kepala Dinas Pertanian Provinsi NTB, ketua Umum Serikat Tani Nasional, camat Lambu dan camat Sape, para petani yang tergabung dalam So Tolo NaE desa Rato kecamatan Lambu.


Bupati Bima sebelum melakukan panen perdana bawang merah menyampaikan, dengan adanya panen bawang merah ini yang merupakan salah satu komoditi unggulan holtikultura masyarakat Kabupaten Bima yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan dengan panen perdana bawang ini maka para petani harus lebih bersemangat dan tidak putus asa menjalani profesinya walaupun saat ini harga bawang sangat rendah.


Lebih lanjut, pemerintah akan tetap berkoordinasi dengan dinas terkait dan kementerian pertanian untuk mencari solusi jalan keluar bagi para petani terkait harga bawang tersebut, sehingga melalui koordidnasi ini diharapkan harga bawang merah akan tetap stabil ldan masyarakat tani akan dapatmenikmati hasil dari penjualan hasil produksi bawang tersebut.


Seperti kita ketahui bersama bahwa produksi bawang merah Kabupaten Bima tidak kalah hebatnya dengan produksi bawang merah yang ada di luar NTB hal ini kita ietahui bersama bahwa para petani bawang merah telah melakukan produksi sampai kepulau jawa. Begitupun halnya  terkait dengan hasil produksi bawang merah yang ada di kabupaten Bima kualitasnya sangat tinggi  dan tidak kalah dengan hasil produksi bawang merah di luar NTB. Maka dari itu kepada para petani dapat melakukan produk hasil bawang ini dengan semangat sehingga dari hasil produksi bawang ini maka pendapatan masyarakat petani akan meningkat.


Bupati Bima berharap dengan panen perdana bawang merah ini kepada masyarakat tani khusunya petani bawang harus bersemangat dan belajar terus untuk menghasilkan bawang merah yang berkualitas yang ada di kabupaten Bima sehingga dengan adanya budidaya bawang ini nantinya dengan nilai ekonomis yang sangat tinggi.


Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima Ir. Rendra Farid dalam pengantar, luas areal tanaman bawang merah ini mencapai 16 ribu hektar dengan jumlah produksi mencapai 10 s/d 12 ton. Oleh karena itu dengan jumlah produksi tersebut maka tidaklah mengherankan bahwa kabupaten Bima merupakan salah satu daerah sentra produksi bawang terbesar selain produksi padi dan jagung komoditi unggulan.


Untuk di kecamatan Lambu tepatnya di So. Tolo NaE desa rato kecamatan Lambu jumlah luas lahannya mecnapai 12 ribu hektar  sehingga dengan jumlah ini maka kebutuhan akan bawang oleh masyarakat akan terpenuhi dan cukup.


Dengan jumlah produksi ini, maka kami telah mengusulkan kepada Gubernur NTB agar dapat meningkatkan produksi harga bawang sehingga masyarakat petani akan mendapatkan keuntungan yang merata,  Ujarnya.


Hal senada disampaikan oleh kadis Pertanian Provinsi NTB Khusnul Fauji, M.Si menyampaikan, dengan adanya panen perdana bawang merah ini merupakan salah satu andalan yang ada di NTB sehingga kedepan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendapatan masyarakat tani. Dan kami selaku kepala Dinas Pertanian Provinsi NTB akan selalu mendukung dan memperhatikan terkait fluktuasi harga bawang merah ini sehingga masyarakat petani tidak akan mengalami kerugian.


Untuk itu kepada masyarakat tani agar dalam rangka peningkatan harga bawang merah ini harus melakukan inovasi sehingga produksi harga bawang semankin meningkat dan kedepannya daerah kabupaten Bima akan dijadikan sentra produksi bawang merah ujarnya.



Momentum tersebut ditandai dengan panen perdana bawang merah oleh Bupati bima yang didampinggi oleh Wakil Bupati Bima, Kasubdit Pengolahan Holtikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Diah Ismayaningrum , camat dan kepala desa serta para petani bawang. Sekaligus menyerahkan bantuan alat pertanian berupa mesin pompa air dan semprot yang diperuntukan bagi 10 orang kelompok tani yang berada di desa rato kecamatan Lambu.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.