Header Ads

H. A. Rahman Apresiasi Kegiatan Bimtek Pengelolaan Perpustakaan


BIMA, Media NTB - Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bima menggelar Bimbingan teknis pengelolaan perpustakaan bagi perpustakaan sekolah dan perguruan tinggi se-Kota Bima di Aula SMPN 6 Kota Bima pada Selasa (24/10). Kegiatan Bimtek ini dibuka oleh Wakil Walikota Bima H. A Rahman H Abidin SE. Hadir pula dalam kegiatan tersebut kepala OPD lingkiup pemerintah Kota Bima.


Wakil Walikota Bima H. A Rahman H Abidin SE secara khusus mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia menyampaikan, penataan dan pengelolaan perpustakaan di setiap sekolah sangat penting. Baginya ada dua pilar utama membangun daerah yakni pendidikan dan kesehatan. Di bidang pendidikan untuk membangun SDM dimulai dengan membangun minat baca. Oleh karena itu, dengan adanya bimbingan teknis tersebut, ia berharap dapat memberikan dampak pada kesiapan Sumber Daya Manusia.


“Membangun sumber daya manusia kita harus mulai dengan membangun minat baca pada generasi muda kita. Saya harapkan dengan bimtek ini pengelola perpustakaan harus kreatif dan inovasi agar dapat meningkatkan minat baca”, harap Wawali.


Disadarinya untuk memotivasi minat baca tentunya dibutuhkan perpustakaan representatif mulai dari sisi bangunan, sarana dan prasarana, dan koleksi bacaan yang bervariasi. Diharapkannya kepada Bappeda sebagai dinas teknis perencana anggaran agar dapat mensupport Dinas perpustakaan dengan anggaran yang memadai. “Hal ini dilakukan, agar keberadaan perpustakaan dapat diperkuat,” ujarnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Bima Drs. H Mahfud MPd dalam laporannya menyampaikan, Bimtek yang dilakukan tersebut untuk meningkatkan keterampilan tenaga pengelola perpustakaan sekolah. Menurutnya, sebanyak 75 sekolah di Kota Bima yang dilibatkan dalam bimtek tersebut dapat menerima pemahaman yang disampaikan. Pemahaman yang diberikan bagi guru maupun kepala sekolah untuk mengelola perpustakaan sekolah, sesuai dengan program literasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.


“Ditargetkan tahun depan akan ada penambahan agar semakin banyak sekolah yang dapat mengelola perpustakaan dengan baik,” ujarnya.



Kegiatan bimtek ini akan diselenggarakan selama 2 (dua0 hari yakni mulai tanggal 24 Oktober sampai dengan 25 Oktober 2017 dengan Narasumber Ibu Dwi Sunarti, S.Sos, S.Kom dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Nusa Tenggara Barat.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.