Bagian Ekonomi Sosialisasi dan Evaluasi KUR Tahun 2017


BIMA, Media NTB - Bagian Ekonomi Setda Kota Bima bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bima menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Evaluasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Kota Bima Tahun 2017.


Kegiatan dilaksanakan di aula KPPN Bima pada Rabu, 1 November 2017, dibuka oleh Staf Ahli Walikota Bima Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs. M. Saleh. Kabid Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II Ditjen Perbendaharaan Kanwil NTB Budi Darmanto hadir sebagai narasumber.


Peserta berjumlah 21 orang, terdiri atas unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lingkup Pemerintah Kota Bima antara lain Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Koperindag, dan Dinas Ketenagakerjaan; serta lembaga keuangan penyalur KUR yaitu BNI, BRI, BRI Syariah, Bank Mandiri dan Bank NTB. Pihak Otoritas Jasa Keuangan diwakili oleh Direksi Bank NTB.


Kegiatan sosialisasi dan evaluasi KUR rutin dilakukan setiap tahunnya untuk mendukung penyaluran KUR secara tepat sasaran. KUR adalah kredit/pembiayaan yang diberikan oleh perbankan kepada Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK) yang feasible. Maksudnya adalah usaha tersebut memiliki prospek bisnis yang baik dan memiliki kemampuan untuk mengembalikan.


UMKM dan Koperasi yang diharapkan dapat mengakses KUR adalah yang bergerak pada sektor usaha produktif antara lain: pertanian, perikanan dan kelautan, perindustrian, kehutanan, dan jasa keuangan simpan pinjam.



Drs. M. Saleh menyampaikan harapannya, agar kegiatan sosialisasi dan evaluasi ini mampu mengidentifikasi isu-isu strategis dan tantangan dalam penyaluran KUR di Kota Bima.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.