Header Ads

Dinas PUPR Kota Bima Gelar Seminar Laporan Akhir RTBL Kawasan Pusat Pemerintahan Kota Bima


BIMA, Media NTB - Selasa, 31 Oktober 2017 bertempat di aula kantor Walikota Bima Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Bima menggelar seminar laporan akhir penyusunan dokumen Recana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) kawasan pusat pemerintahan Kota Bima.


\Kegiatan seminar yang bekerjasama dengan tim ahli Universitas Petra Surabaya ini dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs. H. Mukhtar, MH. Turut hadir koordinator tim ahli Universitas Petra Surabaya beserta anggotanya Timoticin Kwanda, MRP.,Ph.D. Peserta berjumlah 70 orang meliputi OPD teknis, Camat Mpunda, tokoh agama, tokoh masyarakat serta para lurah dan pemilik lahan yang ada di wilayah perencanaan.


Dalam sambutannya, Drs. H. Mukhtar, MH menyampaikan ucapan terima kasih kepada Universitas Petra Surabaya, karena pelaksanaan seminar laporan akhir rencana tata bangunan dan lingkungan kawasan pusat pemerintahan Kota Bima akhirnya terlaksana setelah melalui tahapan yang cukup panjang, termasuk diskusi dan uji publik.


Lebih lanjut, ia mengingatkan agar semua lembaga yang terlibat nantinya bisa berkomitmen penuh dalam pelaksanaan dokumen perencanaan yang meliputi aspek pengaturan, pemberdayaan dan pengawasan. “Aspek pengaturan ini mencakup pengaturan IMB dan penertiban perijinan yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alat dalam pengendalian pemanfaatan ruang. Selain itu, aspek pemberdayaan dan pengawasan juga perlu disosialisasikan kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan hak, kewajiban dan peran serta dalam penyelenggaraan penataan bangunan dan lingkungan”.kata Drs. H. Mukhtar, MH.


Asisten III ini berharap dokumen rencana tata bangunan dan lingkungan ini bisa diterjemahkan dalam kegiatan pembangunan sebagai sebuah warisan dan kebanggaan bagi masyarakat dan seluruh jajaran pemerintah daerah.


Sementara itu, Sekretaris Dinas PUPR Didi Fahdiansyah, ST melaporkan bahwa tujuan kegiatan seminar laporan akhir penyusunan dokumen RTBL agar tersedia dokumen kawasan pusat pemerintahan Kota Bima sebagai acuan penyelenggaraan penataan bangunan dan lingkungan di kawasan pusat pemerintahan kota bima. Selain itu, terwujudnya penataan bangunan dan lingkungan yang layak huni dan produktif.


Kegiatan seminar laporan akhir RTBL diharapkan menjadi momen untuk memberikan kritik dan saran membangun, sehingga dokumen akhir yang dihasilkan menjadi dokumen sempurna yang dapat dijadikan sebagia acuan dalam rencana tata bangunan dan lingkungan kawasan pemerintahan Kota Bima.



Kegiatan diisi dengan pemaparan materi laporan draft akhir rencana tata bangunan dan lingkungan kawasan pusat pemerintahan Kota Bima oleh tim ahli Universitas Petra Surabaya Dr. Rony Gunawan, ST.,MT, kemudian diakhiri sesi diskusi yang dipandu oleh kepala bidang tata ruang Dinas PUPR Yuliarti.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.