Header Ads

H. Man Tinjau Kolam Retensi dan Program NUS-PHASE

BIMA, Media NTB - Selasa (31/10), Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin SE meninjau sejumlah lokasi yakni Kolam retensi di kelurahan Tanjung dan realisasi pelaksanaan Program NUSP - PHASE 2 di Kelurahan Jatiwangi. Peninjauan dibeberapa titik lokasi ini didampingi oleh Kepala Bappeda Kota Bima Ir H Abdurrahman Iba, Unsur Dinas PUPR, Bagian Administrasi Pembangunan serta Camat dan Lurah setempat.


Di lokasi pertama yakni Kolam Retensi yang berada di kelurahan Tanjung, Wakil Walikota Bima yang akrab disapa H. Man ini disambut oleh beberapa tokoh masyarakat dan Ketua RT/RW setempat. Kunjuungan ini berdasarkan aspirasi warga masyarakat yang menginginkan perbaikan kolam resitensi agar lebih maksimal hasilnya. Setelah peninjauan lokasi diketahui bahwa akbibat banjing Bandang pada tahun 2016 lalu beberapa pintu air rusak sehingga mengakibatkan kolam retensi tidak secara maksimal bisa menyerap air laut pada air laut pasang.


Ketua LPM Kelurahan Tanjung mengatakan, ketidakmaksimalan kolam retensi mengakibatkan warga sekitar terkena dampak dari melubernya air di kolam resitensi terutama pada saat musim penghujan dan pasa saat air laut pasang.


Menanggapi, permasalahan ini, H. Man bersama Dinas Teknis berjanji akan segera menyelesaikan permasalahan ini dengan segera memperbaiki beberapa titik pintu air yang rusak. Dimintanya pula kepada masyarakat yang ada agar tidak membuang sampah sembarangan terutama di saluran-saluran air yang ada.


Dirinya menuturkan, keberadaan kolam resistensi ini sebenarnya akan menguntungkan masyarakat setempat bila musim penghujan. Sebab, kolam retensi berfungsi sebagai pengendali banjir dan penyalur air.


Usai meninjau beberapa titik lokasi di sekitar kolam retensi dan pintu air yang rusak H. Man begerak menuju Kelurahan Jatiwangi bersama OPD terkait guna meninjau hasil pelaksanaan Program Neighborhood Upgrading And Shelter Project - Phase 2 (NUSP - PHASE 2). Wakil Walikota Bima secara pribadi mengapresiasi hasil pelaksanaan program NUSP PHASE 2 di Kelurahan Jatiwangi dimana dari hasil laporan bahwa BKM kelurahan Jatiwangi secara maksimal telah melaksanakan program ini dengan keterlibatan masyarakat yang luar biasa, sehingga hasil dari program ini terlihat dari jalan lingkungan yang tertata serta perumahan dan pemukiman sehat, layak dan berkelanjutan.


Disampaikannya pula kepada Bappeda Kota Bima agar mem-back up BKM dan Kelurahan yang telah melaksanakan program ini dengan maksimal sehingga ada motivasi bagi kelurahan lainnya untuk mengembangkan program NUSP PHASE 2 ini lebih baik lagi.



“Motivasi BKM di tiap keluarahan untuk memaksimalkan berbagai program yang didapatkan dengan melibatkan masyarakat sehingga terbangun kesadaran untuk mewujudkan lingkungan pemukiman yang nyaman dan bersih”, ujar H. Man.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.