Header Ads

Upacara Peringati Hari Pahlawan Tingkat Kota Bima Tahun 2017

BIMA, Media NTB - Ribuan orang yang terdiri dari berbagai elemen, baik pelajar, mahasiswa, aparat, serta Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemerintah Kota Bima mengikuti jalannya Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang dirangkaikan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 dan Hari Korpri ke-46 Tingkat Kota Bima yang dilaksanakan di Halaman Kantor Walikota Bima pada Jum’at (10/11). Walikota Bima HM Qurais H Abidin bertindak selaku inspektur upacara dengan komandan Upacara adalah Kapten Infantri Ibrahim dan Perwira Upacara Kapten Infantri Ahmad dari Kodim 1608/Bima.

Adapun penanggung jawab pelaksanaan upacara Dinas Sosial Kota Bima, pembaca panca prasetya korpri Lisa Halimasanti, SSTP dari Dinas BKPSDM Kota Bima dan Undang-Undang Dasar 1945 M Amirullah SSTP dari Bagian humas dan Protokol Setda Kota Bima. Pembaca pesan Pesan Pahlawan Yun Kamaruddin SH dan Faradina Ayu Kartika, SSTP. Pengibar bendera dari anggota Paskibraka Kota Bima dengan diiringi Korps Musik Marching Band Gita Bahana Maja Labo Dahu serta paduan suara dari SMUN 2 Kota Bima.

Hadir pula dalam Upacara Peringatan Hari Pahlawan Wakil Walikota HA Rahman H Abidin SE anggota Forum Komunikasi Pimpinanan Daerah (FKPD) Kota Bima, BUMN/BUMD, Ketua KNPI Kota Bima, Ketua TP PKK Kota Bima Hj Yani Marlina M Qurais, Ketua Bhayangkari Kota Bima, organisasi wanita, tokoh agama/tokoh masyarakat, para veteran, para Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Bima beserta Camat/lurah.

Sebelum upacara dimulai Walikota Bima HM Qurais H Abidin didampingi oleh Wakil Walikota Bima dan anggota FKPD Kota Bima menyerahkan 2 mobil ambulans dan kendaraan dinas dari pemerintah Kota Bima kepada Dinas Kesehatan Kota Bima yang diperuntukkan untuk Upt Puskesmas Kumbe dan UPT puskesmas Jatibaru. Diserahkan pula 2 kendaraan bermotor untuk instalasi farmasi kesehatan kota Bima.

Selain itu, Walikota Bima dengan didampingi oleh Ketua TP PKK Kota Bima menyarahkan tali asih kepada para veteran. Beberapa hadiah diserahkan pula kepada pemenang berbagai lomba lainnya yakni lomba fasilitas kesehatan tingkat pertama berprestasi tingkat kota Bima yang berhasil diraih oleh UPT Puskesmas Rasanae Timur, lomba pengelolaan perpustakaan kelurahan se-Kota Bima tahun 2017 yang diraih oleh Kelurahan Rabangodu Utara, dan penyerahan lomba pengelolaan arsip terbaik bagi satuan organisasi perangkat daerah lingkup pemerintah Kota Bima yang berhasil dimenangkan oleh dinas Penanaman Modal dan pelayanan terpadu satu Pintu.

Upacara pun berlangsung dengan khidmad dan lancar, memasuki pertengahan upacara Walikota Bima membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Khafifah Indah Parwangsa. Dalam amanatnya disampaikan bahwa peringatan hari pahlawan ini merupakan momentum mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia yang dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif mereka lakukan, sehingga saat ini kita bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia”, papar Walikota Bima.

Diajaknya seluruh elemen masyarakat untuk bersatu mengisi kemerdekaan Indonesia dengan terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini.

Pada momentum yang sama disampaikannya pula berkaitan dengan hari Korpri yang ke-46 ini, diharapkan kepada jajaran korpri untuk bisa menjadi teladan bagi perubahan yang diharapkan oleh seluruh masyarakat.

“Jajaran korpri hendaknya mampu memahami dan melaksanakan penataan birokrasi untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, kompeten, dan mampu melayani masyarakat dengan lebih cepat lagi”, ajak Walikota.

Berkaitan dengan Hari Kesehatan Nasional ke 53 diajaknya seluruh elemen masyarakat untuk terus berupaya membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat khususnya di lingkungan keluarga.

“Marilah kita sama-sama mensukseskan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga. Mulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga. Indonesia sehat dapat diwujudkan melalui keluarga-keluarga yang sehat, sehingga membentuk masyarakat sehat”, pungkas Walikota.


Usai pelaksanaan upacara bendera, Walikota Bima HM Qurais H Abidin didampingi Ketua TP PKK Kota Bima, Wakil Walikota Bima, anggota FKPD Kota Bima beserta tamu undangan lainnya melaksanakan tabur bunga di Teluk Bima.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.