Header Ads

Cipkon: Jelang Tahun Baru, Satuan Keamanan Gelar Operasi Lilin

Rangkaian Kegiatan Operasi Lilin
DOMPU, Media NTB - Dalam rangka Meningkatkan Cipta Kondisi, Menjalan Tahun Baru, Sekaligus, Peran Serta Aparatur Keamanan dalam Memerangi Peredaran Narkotika, Pihak Satuan Keamanan Gabungan Dari Unsur Polri dan Tni Yang dibantu Oleh Satuan Polisi Pamong Praja, dan sejumlah Unsur Lainnya, Pada Jum’at, (29/12/17) Kemari, Menggelar Operasi Lilin Gatarin dengan Melakukan penyisiran di sejumlah Tempat hiburan malam (Karaoke), Caffe, Pasar, Hotel dan penginapan, serta sejumlah tempat-tempat yang  terindikasi dijadikan tempat peredaran Minuman Keras (Miras) dan  Narkoba.


Giat Operasi tersebut dipimpin langsung oleh Kabag. Ops Polres Dompu Kompol M. Yanis, S.IK (Karendal Ops), diikuti oleh sejumlah unsur, yakni 1 Peleton Dalmas Polres dompu, 1 Peleton Gabungan Reskrim, Sat. Narkoba Dibawah pimpinan Kasat Narkoba IPTU Adhar, S.Sos, Sat. Intel, Brimob Subden 3 Den A, 1 Peleton Anggota Kodim 1614 Dompu dibawah Pimpinan Pasi Intel Kapten Hamzah, dan 1 Peleton Anggota Sat Pol PP. Kabupaten Dompu.

BB Minuman Oplosan bermerek Sofi, Komplek Pasar Dompu

Hasil Pantaun Langsung Media ini Menyebutkan, Giat Operasi Yang diawali di komplek Pasar Kabupaten Dompu Polisi berhasil menyita Barang Bukti (BB) Minuman Oplosan Jenis Sofi. sebanyak 14 (empat belas) botol kemasan aqua tanggung dari tangan penjual yang berinisial FTM, warga Lingkungan Salama Pelita Kelurahan Bada Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu.

Sedang Test Urine di tempat Karaoke Adiyaksa Family
Selanjutnya penyisiran dilakukan di tempat hiburan Malam (Karaoke) Adyaksa Family, Polisi melakukan test urine terhadap 5 orang pengunjung karaoke masing-masing berinisial, M.R. (L) Kota baru Kelurahan Bada, Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu, MY (L) Lingkungan Ginte Kelurahan Kandai Dua, Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, RA, (P) Desa Kareke, Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu, RH (L) Kelurahan Potu, Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu, MS (L) Lingkungan Kota baru Kelurahan Bada Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu. Dari hasil pemeriksaan test urine tersebut, ada 2 orang pengunjung yang terindikasi menggunakan Narkotika,  inisial RH dan MS , selanjutnya diarahkan ke RSUD Dompu untuk dilakukan test lanjutan.

Sedang Test Urine di tempat Karaoke Tour Sina

Begitu juga di tempat Hiburan (Karaoke) Tursina Polisi melakukan pemeriksaan terhadap 2 orang pengunjung yakni MW  (P) Kelurahan Dorotangga Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu dan SM (P) Lingkungan Ginte Kelurahan Kandai Dua Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, keduanya dilakukan test urine dan hasil test dari pemeriksaan terindikasi salah seorang posotif menggunakan Narkoba yaitu atas nama SM.

Sedang Test Urine di tempat Karaoke Wombo O’O
Dan terakhir dilakukan penyisiran di tempat hiburan (Karaoke) Wombo O’O Kelurahan Karijawa, Polisi melakukan pemeriksaan urine terhadap 5 orang pengunjung diantanya : RR, (P) Kelurahan Dorotangga Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu,  EA, (P) Kotabaru Kelurahan Bada Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu, CT, (P) Kelurahan Bali satu Kecataman Dompu Kabupaten Dompu, MF (L) Desa o'o Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu dan FRH (L) Desa o'o Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu, Dari hasil pemeriksaan terhadap 5 Orang pengunjung tersebut terindikasi ada 1 orang positif menggunakan Narkoba atas nama EA.


Kepala Satuan Narkoba ‘Iptu Adhar S.Sos” yang ditemui Oleh Media ini, di Ruang kerjanya pada sabtu, (30/12) menyebutkan Operasi Cipta Kondisi, Gatarin 2017, Sebagai langkah Konkrit Pihak Satuan Keamanan, Polri Dalam Memerangi Dan Menekan Peredaran Narkoba, Berdasarkan Intruksi Kapolri, sehingga Pihak Polres Dompu, Menggelar Kegiatan tersebut, dan terlaksana diseluruh Indonesia.

 
Kasat Narkoba Polres Dompu IPTU Adhar, S.Sos
“Menjelang perayaan tahun baru kita diinstruksikan oleh pimpinan diseluruh Indonesia, khususnya jajaran Narkoba atau miras untuk melakukan Operasi serentak guna menekan peredaran Narkoba seperti di tempat-tempat hiburan dan lain-lain”, Jelasnya.


Ditambahkan pula bahwa Operasi Gatarin tersebut akan dilakukan secara rutin dimulai hari Jum’at tanggal 29 sampai tanggal 1 Tahun 2018 “Operasi Lilin ini, untuk pelaksanaannya tetap dilakukan secara rutin, sampai tanggal 1 tahun 2018 nanti”, ujarnya.


Lanjut Adhar bahwa, jiakalu diantara sejumlah orang yang terindikasi menggunakan Narkoba yang didapati hasil test Urine saat melakukan Operasi pada tanggal 29/12/2017 kemarin malam dan hasilnya benar-benar Positif dari pihak Rumah sakit, akan melakukan koordinasi dengan pihak BNN untuk melakukan rehab.


“rencana saya kalau sudah mendapatkan hasil dari Rumah Sakit, saya akan berkoordinasi dengan Pihak BNN, nanti orang ini apakah kita lakukan rehab atau bagaimana, karna rehab ini akan dibebankan kepada badan Hukum”, katanya.


Lebih jauh Adhar mengharapkan, agar kedepan adanya kerjasama antara berbagai pihak yakni Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu juga Pemerintah Setempat serta BNN.



“Saya sangat berharap agar sejumlah pihak sepeti Dinas Kesehatan, Pemerintah setempat agar bisa bersama-sama kerja sama secara Kontinyu. untuk menekan perederan Narkoba di Dompu. Dan saya Juga meminta kepada seluruh elemen Masyarakat, untuk ikut peran serta dalam arti saling kerja sama, memberikan informasi”, harapnya.[Poris]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.