Dahlan: Keterbukaan Informasi Itu Penting

BIMA, Media NTB - Hal itu dikemukakan Wakil Bupati Bima Dahlan M.Noer pada acara pemeringkatan dan pemberian anugerah kepada PPID Tingkat OPD, kecamatan dan Desa tahun 2017 yang dilaksanakan pada Rabu, 27 Desember 2017 di Aula kantor Pemkab. Bima. Dikatakannya, keterbukaan dan Kebebasan Informasi sangatlah penting, terutama pada masa kini, masa dimana informasi beredar secara global dan dengan kemajuan yang sangat cepat, yaitu era globalisasi. Era globalisasi adalah era dimana pertukaran informasi dalam skala global terus menerus terjadi, demi perkembangan global.


“Untuk itulah, diharapkan kepada PPID agar betul-betul dapat melayani permohonan informasi publik sebagai bagian dari asas keterbukaan dalam penyelenggaraan pemerintah.” Harap Dahlan.


Dahlan berharap dengan adanya informasi public ini dapat  menjadi sarana penting untuk mengoptimalkan pelayaan publik terhadap penyelenggaraan pemerintahan maupun aktivitas badan publik lainnya yang mengurusi kepentingan publik. Keterbukaan informasi dapat mendorong terciptanya clean and good governance karena pemerintah dan badan-badan public dituntut untuk menyediakan informasi yang lengkap mengenai apa yang dikerjakannya secara terbuka, transparan dan akuntabel sekaligus berupaya untuk meraih juara dalam rangka upaya peningkatan pelayanan informasi publik.



Kadis Kominfostik Kabupaten Bima Abdul Wahab Usman, SH, M.Si mengemukakanTerkait dengan pemeringkatan PPID OPD,kecamatan dan desa, terlebih dahulu dilakukan mengirimkan FORM kepada OPD, Kecamatan dan Desa, sehingga dari FORM yang diberikan  tiap – tiap OPD, kecamatan dan Desa mengisi FORM tersebut dilakukan kunjungan langung oleh tim pemeringkatan ke setiap OPD, kecamatan dan desa-desa.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.