Header Ads

"Guru Zaman Now" Tak Boleh Ketinggalan Zaman

JAKARTA, Media NTB - Anggota Komisi X DPR RI Fraksi NasDem Yayuk Sri Rahayuningsih menyatakan dunia pendidikan saat ini sudah semestinya menguasai perkembangan teknologi informasi yang terintegrasi dengan pendidikan karakter. Para pendidiknya juga harus memiliki skill untuk memanfaatkan teknologi tersebut.



"Momentum 72 tahun hari guru nasional yang diperingati kemarin seharusnya menurut saya menjadi refleksi bagi pemangku kepentingan pendidikan. Jangan saja sekedar seremonial semata, tapi bagaimana tenaga pendidik menghadapi generasi milennial yang sarat dengan dunia teknologi sekarang ini," ujarnya saat dihubungi, Selasa (29/11).



Menurut Yayuk, di tengah kemajuan teknologi sekarang ini, alih-alih guru menyalahkan anak didiknya yang sudah terlanjur kecanduan perangkat digital, para guru sebaiknya mampu menerjemahkan teknologi secara tepat dalam proses pembelajaran, membawa peserta didiknya menggunakan teknologi secara bertanggung jawab.



"Guru-guru "zaman now" harus punya skill itu sebagai aktor utama, agar juga pendidikan kita tidak tertinggal jauh terbelakang," tegas legislator NasDem Dapil Jawa Timur VII ini.



Dia menegaskan bahwa sekolah-sekolah harusnya bisa menyediakan fasilitas. Semua proses pembelajaran sudah seharusnya berbasis komputer, karena terlebih teknologi saat ini lebih dibutuhkan di dunia usaha.




"Intinya kondisi perubahan cepat ini mesti diimbangi dengan peningkatan kapasitas dan kompetensi guru. Pemerintah juga harus membekali keahlian para guru," tandasnya.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.