Header Ads

Apel Gabungan Perdana 2018, Bupati Bima Paparkan Torehan Prestasi 2017

BIMA, Media NTB - Saat memimpin apel gabungan pertama  tanggal 2 Januari 2018, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri memaparkan torehan prestasi yang diraih Pemkab.Bima sepanjang tahun 2017. Dikatakannya, torehan perjalanan sepanjang tahun 2017, tentunya telah memberikan perenungan dan pemikiran bagi kita semua untuk terus berbenah menyongsong hari esok yang lebih baik, lebih matang dan lebih maju di tahun 2018 ini. “ tahun 2018 adalah tahun ketiga bagi  Saya dan Wakil Bupati Bima bersama Bapak-Bapak dan Ibu-ibu berikhtiar membangun Kabupaten Bima menuju Visi Ramah yang sering kita gelorakan “ Ungkap Hj. Indah Dhamayanti Putri.


Pada apel gabungan yang juga dihadiri Wakil Bupati Bima Dahlan M.Noer, sekda dan  Kepala OPD dan para ASN itu, Hj. Indah Dhamayanti Putri mengemukakan,mengawali hari-hari di tahun 2017,  masih berbenah setelah banjir bandang menimpa kota dan Kabupaten Bima dan syukur Alhamdulillah semua itu bisa di atasi dan proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca banjir terus berlangsung sepanjang tahun 2017 dan hasilnya telah banyak dirasakan.


Di bidang tata kelola keuangan, Pemerintah Kabupaten Bima kembali berhasil meraih predikat Wajar Tanpa Pengelcualian (WTP) dari BPK. Keberhasilan ini diraih berkat akuntabilitas kinerja keuangan dan kerja keras jajaran Pemerintah Kabupaten Bima dalam memenuhi seluruh rekomendasi hasil pemeriksaan BPK. Disamping meraih WTP, Pemkab Bima juga meraih predikat sebagai pengelola keuangan terbaik dengan penyusunan RAPBD terbaik pada tahun 2016. “ Semoga hasil kinerja keuangan di sepanjang tahun 2017 lebih baik lagi dan kita mendapatkan kembali predikat WTP. “ Harap Dinda.


Di bidang Perhubungan, armada pernerbangan telah bartambah yaitu kehadiran pesawat NAM AIR yang melayani Rute Bima- Denpasar PP. Diharapkan semoga rute Bima-Lombok dapat juga dibuka.  Kelancaran aksesibilitas dan sarana transportasi akan meningkatkan akselarasi pembangunan ekonomi, perdagangan dan pariwisata di tiga wilayah yaitu Kabupaten Bima, Kabupaten Donpu dan Kota Bima.


Di bidang Komunikasi dan informatika, Radio Republik Indonesia Bima atau RRI Bima mengudara di Bima dan kantor RRI Bima telah disiapkan di desa Samili kecamatan Woha. Hal ini tentunya berkat perjuangan panjang yang terus menerus dilakukan untuk menghadirikan Radio Publik sebagai wahana penyebarluasan informasi tentang pembangunan daerah.


Di bidang kesehatan, Pemerintah Kabupaten Bima meraih penghargaan sebagai daerah yang mampu menurunkan angka Stunting pada anak yang ditandai dengan menurunnya angka kematian bayi selama tiga tahun terakhir. Disamping itu, proses rehabilitasi dan pembangunan 10 Puskesmas telah berjalan dengan baik di tahun 2017  dan diharapkan akan semakin memperkuat aspek-aspek pelayanan kesehatan kepada masyarakat.


Di bidang pendidikan kebudayaan, pemuda dan olahraga, Pemkab.Bima telah berhasil mendapatkan penghargaan PAUD Tingkat Nasional dan kehadiran Porgram Inovasi serta Rumah Inovasi telah berhasil merangsang kreatifitas dan inovasi para guru dalam proses belajar Mengajar.  Di bidang inftastruktur, sepanjang tahun 2017 telah banyak dilakukan perbaikan dan pembangunan sejumlah infratruktur vital berupa jalan dan jembatan baik yang disebabkan bencana maupun yang memang dilakukan perbaikan di sejumlah ruas, termasuk Jembatan Talabiu-Dore, hotmik jalan di ruas  Kawinda To I- Labuan Kananga dan di sejumlah wilayah kecamatan.


Di Bidang Pariwisata, inovasi, prakarsa dan kreatifitas masyarakat dalam mempromosikan budaya dan destinasi wisata cukup marak, mulai dari Festival Uma Lengge, Festival Sangiang, Festival Tanjung Langgudu, Karnaval Rimpu di Sape dan sejumlah event lainnya. Hal ini memberikan energy positif bagi jajaran Pemerintah Daerah untuk terus memberikan dukungan terhadap prakarsa dan kreatifitas masyarakat di sejumlah wilayah. Dan di penghujung tahun 2017 telah meresmikan jalur pendakian di lingkar Utara Tambora di jalur Oi Marai desa Kawinda Toi kecamatan Tambora. “ Insya Allah kita juga akan meresmikan jalur pendakian melalui Piong –Sanggar. “ Kata Dinda.


Di Biidang Koperasi Dan UKM  perlu terus melakukan pembinaa untuk memperkuat kelembagaan koperasi dan UKM, di bidang perindustrian dan perdagangan telah banyak diberikan bantuan kepada kelompok Industri Kecil Menengah dalam rangka pengembangan usaha dan peningkatan geliar perekonomian di daerah yang diharapkan akan terus tumbuh dan berkembang. Di bidang Perikanan dan kelautan, telah banyak diberikan bantuan untuk para nelayan serta peningkatan kapasitas kelompok –kelompok nelayan dan pemberian ansuransi kepada para nelayan.



Di Bidang pertanian, perkebunan, peternakan dan kesehatan Hewan, telah banyak diberikan bantuan-bantuan untuk penguatan produksi pertanian dalam arti luas dalam rangka ikhtiar kita bersama membangun sistim pertanaian yang berkelanjutan di masa yang akan datang. Dibidang Sosial keagamaan, sepanjang tahun 2017 telah banyak dikucurkan bantuan pembangunan masjid, mushalla, maupun pondok pesantren yang ada di sejumlah wilayah, termasuk kegiatan khataman massal yang diselenggarakan di penghujung tahun 2017.  “Dan di tahun 2018, kita akan mengeluarkan Peraturan Bupati Bima tentang Gerakan Pesantren Sehari, Shalat Subuh Berjamaah dan Magrib Mengaji dalam rangka terus mengedepankan aspek-aspek religus sesuai Visi Bima Ramah.” Ungkap Dinda.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.