Header Ads

Fakultas Syariah IAI Muhammadiyah Bima Gelar Kuliah Umum

Dr. Ridwan M. Said, SH., MH, Saat Menyampaikan Materi Kuliah Umum

BIMA, Media NTB - Fakultas Syariah Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima menggelar Kuliah Umum di hari pertama pelaksanaan aktifitas perkuliahan semester ganjil, Senin Februari 2018. Kegiatan tersebut dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai program studi di IAI Muhammadiyah Bima. Selain itu, hadir pula dari beberapa kampus lain di Bima, serta masyarakat umum.


Kuliah umum dengan tema “Pemikiran Transendental: Model Kodifikasi, Islamisasi dan Profetik” ini mengundang Dr. Ridwan M. Said, SH., MH sebagai pembicara utama.


Dalam penyampaiannya, Dr. Ridwan menyatakan bahwa pemahaman Islam profetik harus menjadi lokomotif perubahan umat Islam. Masyarakat Islam kini menjadi reaktif, ibarat “mahasiswa” yang sedikit-sedikit demo jika ada kebijakan atau hal-hal yang tidak sesuai dengan nalar keislaman yang dipahami. Hal ini terjadi karena gejala sekularisme, dominasi rasionalisme dan materialism yang menggempur umat Islam.


“Sehingga pemahaman agama yang dogmatik dan reaktif seringkali manjadi solusi pilihan dalam penyelesaian masalah. Islam Profetik sesungguhnya dapat menjawab persoalan kekinian, dengan tetap menjadikan Islam sebagai ilmu dengan cara integrasi dan objektifikasi, sehingga terwujud masyarakat Islam yang rahmatan lil’alamin.” Papar Dr. Ridiwan.


Menurut Dekan Fakultas Syariah IAI Muhammadiayah Bima, Husnatul Mahmuda M.H, tema kuliah umum ini merupakan suatu hal yang sangat fundamental sebagai pengantar awal untuk terbentuknya paradigma keislaman yang baik bagi mahasiswa. Kegiatan ini bertujuan untuk menunjang iklim akademik yang baik di lingkungan fakultas syariah, serta sebagai sarana memberikan sumbangan pemikiran yang progresif untuk masyarakat luas.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.