Header Ads

Jalan di Lingkungan Madakimbi Rusak Parah Akan Diperbaiki April Mendatang


DOMPU, Media NTB - Ruas jalan dari Rabalaju menuju Desa Mbawi Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu tepatnya di Lingkungan Mada kimbi mengalami Rusak parah dan berlubang. Jalan itu merupakan jalur satu-satunya yang digunakan oleh Masyarakat Dorebara Dan Mbawi untuk menuju Pasar atau Kota.


Pantauan langsung Media NTB di lokasi, Selasa (13/2/2018), terlihat lubang-lubang besar menghadang di tengah jalan. Belum lagi diperparah dengan banyaknya tanah dan butiran pasir di permukaan aspal.


Hal tersebut dikarenakan oleh drainase di sebelah jalan sudah tertimbun oleh tanah sehingga air yang mengalir dari atas gunung meluap ke dalam badan ruas jalan dan kondisi jalan itu tentu membuat jalan licin dan sangat membahayakan para pengguna jalan apa lagi saat ini sedang musim hujan.


"Kami sebagai pengojek yang setiap hari melintasi jalan ini merasa tidak nyaman dengan keadaan jalan seperti ini, sampai badan ini juga mengalami pegal-pegal dan sakit” keluh A. Bakar Gani (45), pengojek asal Desa Dorebara usai mengantar Penumpangnya.


Kerusakan jalan sebenarnya telah berlangsung cukup lama, warga sekitar menyebut dari taun 2015 hingga sekarang dan sekitar lokasi tersebut kerap terjadi kecelakaan disebabkan oleh keadaan jalan seperti itu.


“Keadaan jalan seperti ini sudah berlangsung 3 tahun, setiap bulan itu tetap ada kecelakaan apa lagi depan rumah saya ini, kadang Motor jatuh, kadang tabrakan antara motor dengan mobil, tetapi tidak ada yang sampai meninggal dunia, hanya luka-luka saja kadang patah tulang dan pingsan”, Ujar Hawsah (40) salah satu warga di tempat itu.


Sementara, Kepala Kelurahan Kandai Satu Dedy Arsik, S. Sos, meminta terhadap Dinas Pekerjaan Umum (PU) mau serius menanggapi keluhan atas jalan rusak itu. agar secepatnya segera bertindak mengenai jalan tersebut tepatnya di Lingkungan Mada Kimbi.


“Terkait dengan jalan Mada Kimbi, kita sudah jalan dengan orang-orang PU dalam ha ini Kasi sarana jalan pak “Mansyur Hakim” dengan salah satu Anggota Dewan Perwakilah Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dompu, atas nama pak “Subhan” pada tahun 2016 lalu, katanya pada saat itu akan diperbaiki”, jelasnya.


Selain bicara langsung dengan David, ST.MT selaku Kasi Perencanaan Jalan dan Jembatan Dinas PU “Dedy” juga mempertegas lewat akun Facebooknya dengan menggunggah Foto saat kunjungan dua tahun yang lalu,

“Kemarin saya Upload kembali gambar hasil kunjungan itu, lewat Media Sosial (MEDSOS) sembari berkata, mumpung awal tahun saya ingatkan kembali tentang kunjungan ke jalan yang rusak tepatnya di lingkungan Mada Kimbi dan saya sudah bicara langsung sama Pak David, dia bilang Insya Allah akan diperbaiki katanya”, tegas pak lurah

Di tempat yang berbeda Kasi Perencanaan Jalan dan Jembatan Dinas PU David, ST.MT menanggapi tentang jalan tersebut akan diperbaiki dengan memiliki strategi agar tidak terjadi longsor dan tertimbun lagi,

“Tetap akan diperbaiki, termasuk drainasenya kita tangani dengan tuntas, mungkin di situ nanati drainasenya kita buat satu meter lebih dan strategis saya kedaan di situ tidak bisa tanggung-tanggung, harus penanganan yang permanen, dalam arti kita slalu siap sedia misalnya hari ini longsor, dan tertimbun, kita sudah bersiap-siap, maka dari itu, saya sudah rencana untuk membeli alat berat namanya “Back Hoe Loader” dan alat itu kalau nggak ahir bulan Februari atau awal Maret alat itu sudah ada di sini”, katanya.



“Kalau untuk penanganannya tambahnya, bersifat Kontraktual nggak ada, di RKA apa segala nggak ada, tetapi kita akan melakukan penanganan lewat pemeliharaan rutin dan pemanfaatan alat berat milik kita sendiri dan Insya Allah bulan April sudah mulai beroperasi”, tutupnya.[Poris]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.