Ribuan Masyarakat Saksikan Kirab Parade Korps Marinir TNI AL

BIMA, Media NTB - Senin (29/01), Ribuan masyarakat Kota Bima mengikuti Kirab Parade yang menjadi bagian dari kegiatan latihan LSL-III TW-IV oleh Korps Marinir Tentara Nasional Angkatan Laut, setelah kemarin (Minggu, 28 Januari), pasukan marinir telah mengadakan latihan perang dan penyergapan di pantai Kolo dan disaksikan langsung oleh Bapak Bambang Suswanto dan Walikota Bima HM Qurais H Abidin. Diharapkan dengan latihan ini Pasukan Marinir Indonesia ingin dan wajib mengenal karakteristik masyarakat di berbagai Wilayah Indonesia.


Pelepasan Parade dimulai dari Paruga Nae Convention Hall Kota Bima dengan rute melalui Jalan Soekarno-Hatta/satu Jalur menuju Lapangan Sarasuba – ke arah timur Jalan Gajah Mada – Belok Kanan di Jalan Pattimura Pane – Menuju Stadion Manggemaci. Parade ini diikuti pula oleh Perwakilan Drum Band SMA, SMP, SD, dan Instansi lain, Tank Amfibi, Tank Panser sepanjang 1 kilometer. Tidak hanya itu, parade yang melibatkan banyak elemen masyarakat dan ASN Kota dan Kabupaten Bima ini terlihat istimewa yang mana masayarakat dan ASN menampilkan busana khas daerah bima yaitu rimpu dan katente tembe.


Selain kegiatan latihan operasi amfibi dan Kirab parade juga akan dilaksanakan kegiatan tambahan berupa Kirab Kota, bhakti sosial berupa pengobatan gratis, panggung hiburan dan beberapa atraksi seperti Terjun Free Fall, penembakan meriam Artileri, Kolone Senjata dan lain-lain yang akan dilaksanakan di Lapangan Maggemaci Kota Bima, pagi tadi (29/01).


Walikota Bima HM Qurais H Abidin juga turut serta dalam parade tersebut dengan didampingi oleh Wakil Walikota Bima H A Rahman H Abidin SE bersama Komandan pasukan Marinir Indonesia yang diwakili oleh Kolonel Marinir Made Sukada serta Rombongan Danpasmar. serta jajaran FKPD Kota dan Kabupaten Bima. Tampak pula hadir Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri yang hadir di Tribun Kehormatan pada saat penerimaan peserta Kirab.


Riuh gegap gempita serta suka cita seluruh tamu undangan dan masyarakat yang hadir saat disuguhkan beberapa atraksi seperti terjun Free Fall dan penembakan meriam artileri. Latihan Satuan Lanjutan (LSL) III TW. IV TA. 2017 melibatkan ribuan prajurit Korps Marinir dari Pasmar-1 dan beberapa material tempur Korps Marinir diantaranya BMP-3F, LVT-7, BTR-50, KAPA, RM.70 Grad, BVP-2 dan Howitzer 105 mm.


Dalam sambutan Walikota Bima yang disampaikan oleh Wakil Walikota Bima menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Korps Marinir Indonesia yang mengadakan berbagai kegiatan di Bima, lebih khusus di Kota Bima.


Diakuinya, unjuk kekuatan Marinir Indonesia sangat mengesankan. Berbagai senjata dan kendaraan perang ditunjukkan dan menarik perhatian masyarakat, tidak hanya dari Kota Bima namun juga dari Kabupaten Bima dan Dompu yang datang menyaksikan.


“Semoga dengan kedatangan singkat yang hanya lebih kurang 3 hari ini, Pasukan Marinir Indonesia telah mendapat gambaran yang cukup tentang kondisi sosial kemasyarakatan dan bentang alam bima serta mendapatkan kesan baik mengenai bima, dan kami dengan senang hati menantikan kunjungan anda kembali ”, ujar Wawali.



Diakhir kegiatan Walikota Bima HM Qurais H Abidin dan Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri memberikan Plakat dan cinderamata Kolonel Marinir Made Sukada. Acara kemudian dilanjutkan dengan peninjauan pengobatan gratis dan Ramah Tamah/makan siang di Gedung Paruga Nae Convention Hall.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.