Header Ads

Bappeda Kota Bima Gelar Forum Perangkat Daerah Tahun 2019


Bima, Media NTB - Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bima menggelar Forum Perangkat Daerah selama 1 (satu) hari di Aula Kantor Camat Mpunda pada Senin (19/03). Kegiatan ini dibuka oleh Plt Sekretaris Daerah Kota Bima Dr. Ir H Syamsuddin MS. Forum ini dihadiri pula oleh Ketua Komisi fraksi-fraksi DPRD Kota Bima diantaranya Komisi I, II dan III. Hadir pula Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Bima, camat serta stakeholders lainnya yang berkaitan langsung dengan fungsi SKPD.


Forum Perangkat Daerah ini dimaksudkan untuk melakukan penyelarasan rancangan RENJA Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan hasil Musrenbang Kecamatan dan usulan stakeholders lainnya.


Plt. Kepala Bappeda Kota Bima Ir H. Tafsir dalam laporannya menyampaikan bahwa forum perangkat daerah ini adalah wadah bersama antar pelaku pembangunan untuk membahas program dan kegiatan pembangunan hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) kecamatan dengan organisasi perangkat daerah, serta menyusun dan menyempurnakan Renja OPD yang tata cara penyelenggaraannya difasilitasi oleh OPD terkait.


"Titik fokus kita ke depannya adalah upaya untuk mengejar target RPJMD", jelas Plt. Kepala Bappeda.


Dijelaskan pula bahwa forum perangkat daerah ini bertujuan untuk (1) mensinergikan prioritas program dan kegiatan pembangunan hasil musrenbang kecamatan dengan rancangan Renja Perangkat Daerah; (2) Menetapkan prioritas program dan kegiatan pembangunan dalam Renja Perangkat Daerah; (3) Menyesuaikan prioritas Renja perangkat Daerah dengan alokasi anggaran indikatif perangkat daerah yang tercantum dalam rancangan awal RKPD; (4) mengidentifikasi efektifitas regulasi yang berkaitan dengan fungsi perangkat daerah.


Dalam kesempatan itu, Plt Sekretaris Daerah Dr Ir H Syamsuddin MS mengharapkan agar dalam penyususnan perencanaan pembangunan tahun 2019 yaitu (1) melanjutkan dan memperkuat reformasi pembangunan untuk menciptakan struktur ekonomi yang kokoh melalui pemulihan dan pemantapan infrastruktur, ekonomi daerah dan sosial budaya; (2) memantapkan pembangunan secara menyeluruh dengan menekankan pembangunan keunggulan kompetitif perekonomian berbasis SDA dan SDM berkualitas serta kemampuan IPTEK.


"Saya berharap bahwa foru perangkat daerah yang kita laksanakan ini sebagai forum diakusi antar OPD yang mampu menghasilkan penyelarasan program dan kegiatan OPD dengan usulam progran dan kegiatan hasil Musrenbang kecamatan, mempertajam indikator serta target program dan kegiatan OPD sesuai dengan tupoksinya", jelas Plt Sekda.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.