BKPSDM Kota Bima Gelar Bimtek Pengelolaan Arsip Lingkup Pemerintah Kota Bima


Bima, Media NTB - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bima menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaab Arsip Lingkup Pemerintah Kota Bima Tahun Anggaran 2018 pada Senin (19/03) di Aula Kantor Walikota Bima. Kegiatan bimtek ini dibuka oleh Plt Sekretaris Daerah Kota Bima Dr Ir H Syamsuddin MS.


Berdasarkan laporan Kepala BKPSDM Kota Bima Drs H Supratman MAP selaku ketua panitia penyelenggara bimtek melaporkan bahwa bimtek pengelolaan arsip lingkup pemerintah Kota Bima ini diikuti oleh sebanyak 50 (lima puluh) orang arsiparis maupun pengelola arsip yang mewakili Organisasi Perangkat Daerah yang ada. Bimtek dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai tangga 19 Maret sampai dengan 20 Maret 2018 di Aula Kantor Walikota Bima.


Adapun narasumber dalam bimtek ini terdiri dari 3 (tiga) orang yakni Kepala Subdit Daerah IB Deputi Pembinaan Kearsipan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Bapak Muhamad Ihwan S.Sos MSi, Unsur dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima dan BKPSDM Kota Bima.


Lebih lanjut, menurut Kepala BKPSDM Kota Bima bimtek ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas SDM aparatur agar dapat mengelola kearsipan guna menjadi arsiparis yang handal dan kreatif dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat serta memberikan pemahaman secara komprehensif terkait manajemen kearsipan.


Dalam sambutan Walikota Bima yang dibacakan oleh Plt Sekda Kota Bima Dr Ir H Syamsuddin MS menjelaskan tentang pentingnya pengelolaan arsip. Pengelolaan arsip merupakan tanggung jawab yang harus dilaksanakan pemerintah dengan sebaik-baiknya agar arsip dapat menjadi memori kolektif daerah yang dapat diwariskan kepada generasi yang akan datang dan menjadi bukti kinerja pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.


"Pengelolaan arsip yang utuh dapat menunjang manajemen ke arah yang lebih baik", ujar Plt Sekda.


Diakhir sambutan diapresiasinya pelaksanaan bimtek ini sebagai bagian dari upaya penyelenggaraan kearsipan yang berkualitas guna tertib administrasi.


"Diharapkan kelak dapat terwujud sistem kearsipan yang baik dalam penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada peningkatan mutu pelayanan publik", harap Plt sekda.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.