Header Ads

Hebat! Mahasiswa KKN UNS Solo, Sukses Lakukan Proker di Desa Nunggi Kecamatan Wera

BIMA, Media NTB -  Disebagian universitas yang ada di Indonesia, kuliah kerja nyata (KKN) masih menjadi satu fase perkuliahan yang wajib untuk dilewati.


KKN sebagai realisasi kegiatan intrakurikuler yang memadukan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.


Namun Mahasiswa KKN Universitas Negeri Solo (UNS) berbeda dengan KKN mahasiswa lokal seperti biasanya.


Kehadiran Mahasiswa KKN UNS Solo selama empat puluh lima hari dari tanggal 10 Januari s/d 23 februari 2018 banyak memberikan terobosan baru untuk masyarakat desa nunggi ,  baik dalam bidang  Pendidikan maupun bidang  lingkungan dan Kesehata.


Yovie Winayu Asekti Selaku Koordinator desa memaparkan Program Kerja mereka yang sudah selesai Kepada Wartawan Media Ntb Jum'at, 23 Februari 2018.
1. Bidang Pendidikan
Yaitu;  Memberikan Basic English dan kelas Inspirasi di SMPN 2 Wera dan SMAN 2 Wera
dan  Mendirikan Perpustakaan Habibie untuk masyarakat Nunggi.
2. Bidang Lingkungan, yaitu;
Melakukan sosialisasi kesehatan di seluruh sekolah di desa nunggi, Pola Hidup Sehat dan Bersih (PHBS), Medical Cek Up, senam dan Festival Kesehatan. dan yang ke
3. Devisi Lingkungan yaitu; sosialisasi  pembibitan  sayuran dan pembuatan Vertikultur di aula balai desa, Gotong Royong, papan interpretasi pariwisata, pembuatan komposter mandiri, desai lapangan, pengolahan sampah dan yang paling pentinga adalah pembuatan Panel Surya ( tenaga surya).


Saat ditanyai tentang Pesan dan kesannya oleh Media Ntb, Yovie menyampaikan terimakasih banyak terhadap seluruh Masyarakat nunggi.


Tambahnya " Walau kami bukan orang Bima, tapi alhamdulillah kami diperlakukan seperti anak dan keluarga sendiri oleh masyarakat Nunggi walau ada sedikit masalah yg kemarin kami rasakan".



Sementara itu Sekertaris Desa  Nunggi Edy Kurniawan yang dikonfirmasi oleh Wartawan Media NTB lewat via teleponnya Sabtu, 24 Februari 2018, mengaku kehadiran KKN UNS sangat memberikan banyak manfaat terhadap masyarakat kami, dari Perpustakaan Habibie, Tenaga Surya dan lampu keliling lapangan bola desa kami, mereka datang betul-betul serius mendukung pembangunan desa tanpa harus membebani pemerintah desa terkait anggaran, ini nuansa yang berbeda" Tutupnya.(Saiful)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.