Header Ads

Dinsos Gelar Bimtek Pemantapan Petugas SLRT


Bima, Media NTB - Dinas Sosial Kota Bima menggelar Bimbingan Teknis Pemantapan Petugas Sisten Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) pada Rabu (28/03), di Aula SMAN 2 Kota Bima. Kagiatan ini dibuka oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs. M Saleh didampingi oleh kepala Dinas Sosial Kota Bima Drs. H Muhidin MM. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 50 orang peserta yang merupakan petugas SLRT yang ada di Kota Bima.


Dalam laporan Kepala Dinas Sosial Kota Bima selaku Penyelenggara kegiatan menyampaikan bahwa bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi penyelenggara SLRT sehingga mampu menjalankan peran, tugas dan fungsi dalam mempersiapkan penyelenggaraan SLRT. Adapun narasumber pada kegiatan ini terdiri dari Trainer MIS/IT Pusat Bapak Jama’ah MPd, Kepala Dinas sosial Kota Bima dan Kabid PFM dan PKS Dinsos Kota Bima.


Kegiatan Bimbingan Teknis Pemantapan Petugas Sistem Layanan Rujukan Terpadu dilaksanakan selama satu hari yakni tanggal 28 Maret 2018, dengan materi bimbingan yang berikan meliputi tiga hal yakni (1) Perlindungan Sosial dan penanggulangan Kemiskinan Nasional dan daerah; (2) Strategi pendampingan masyarakat oleh fasilitator (koordinasi, fasilitasi dan penjangkauan); (3) Dasar-dasar praktek pekerjaan sosial; serta (4) Petunjuk Teknis Aplikasi SLRT.


Dalam sambutan Walikota Bima yang disampaikan oleh Staf ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan menyampaikan bahwa dengan begitu kompleksnya permasalahan kemiskinan dan masalah sosial lainnya, maka pada dasarnya penyelengaraan kesejahteraan sosial dilakukan dalam upaya memenuhi taraf kesejahteraan sosial masyarakat. Melihat kondisi tersebut, maka penanganan perlu dilakukan secara terintegrasi dan terpadu yang sekaligus mampu memberikan solusi layanan yang dibutuhkan masyarakat secara terintegrasi. 


“SLRT dibentuk dengan harapan pelayanan kemiskinan dan permasalahan sosial dapat terlaksana serta memastikan bahwa keluhan-keluhan masyarakat miskin tertangani dengan baik”, ujar Staf ahli.


Dijelaskannya bahwa selama ini masalah pendataan memang menjadi salah satu tantangan pesar yang harus terus diperbaiki oleh pemerintah melalui instansi terkait. Oleh karena itu melalui program SLRT ini kita bisa melakukan pembaharuan data penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), kemiskinan secara real time.


"Dengan adanya bimtek pemantapan SLRT diharapkan para peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memahami dan merumuskan langkah-langkah terbangunnya Sistem Layanan Rujukan Terpadu  di Kota Bima secara baik," harapnya.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.