Header Ads

Pada Kegiatan APEKSI di Batu, Pemkot Bima Perkenalkan Budaya Bima

Pasangan Pengantin dalam Pernikahan Adat Bima. Foto: Mijin

Kota Batu, Media NTB – Puncak dari kegaiatan Korwil IV Asosiation Pemerintah kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di kota Batu Jawa Timur adalah menggelar pawai budaya. Kegiatan dilakukan pada Rabu, (18/4) sekira pukul 12.30 wita.


Pada kegiatan pawai budaya ini, rombongan dari Pemkot Bima menampilkan beberapa kebudayaan daerah Bima seperti boe rebana dengan tarian daerah.


Tema yang diangkat dalam pawai budaya ini adalah menampilkan budaya pernikahan orang Bima, didalamnya ada pasangan penganting laki laki dan perempuan kemudian dua pasangan itu dibarengi dengan tarian dan musik rebana dengan suara sair nyanyian budaya Bima.


Pantauan langsung wartawan, semua peserta yang ikut pawai budaya ini memakai pakaian adat Bima.
 
Pertunjukan masuk tradisional Bima, Hadra, Sayair dan Tari pengantar pengantin dalam pernikahan adat Bima. Foto: Mijin
Assisten 1 Setda Kota Bima, Farid yang hadir mewakili walikota Bima H. Qurais H. Abidin mengatakan bahwa dalam kegiatan pawai budaya ini, diperkenalkan tentang Bima adalah kota yang kuat dengan adat dan budaya dan ciri khas masyarakat yang baik.


“Maka lewat pentas ini, Bima memberikan penampilan yang terbaik terhadap tuan rumah RAKORWIL ke- 14 ini dan seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya. Supaya mereka tahu bahwa Bima itu kaya akan budaya, adat istiadat, tradisi dan kesenian. Semua itu patut di pelihara oleh masyarakat kota Bima” Imbuhnya.


Ia menambahkan, peserta pawai yang ikut sebanyak 30 lebih orang itu sudah memberikan penampilan yang luar biasa di depan para Walikota dan utusan Rakorwil  IV Apeksi yang ada dari seluruh Indonesia.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.