Header Ads

Pameran APEKSI di Kota Batu, Madu dan Tembe Nggoli Produk Unggulan Kota Bima

Produk Unggulan dari Kota Bima. Foto: Mijin

Kota Batu, Media NTB - Pemerintah Kota Bima ikut menghadiri acara MUSKOMWIL IV, Asosiation Pemerintah Kota Se Indonesia  (APEKSI) di Kota Batu, Jawa Timur.  Dalam acara itu juga digelar pameran.


Pemkot Bima melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan ( Koperindag) ikut memamerkan beberapa produk unggulan Kota Bima.


Kepala Dinas Koperindag, Hj. Nurjanah SE mengatakan produk unggulan yang di pamerkan dalam pameran tersebut antara lain madu hitam, madu putih, madu merah, Air susu kuda liar, kopi tambora, kopi kawae, abon kuda, dendeng sapi, abon menjangan, abon tuna, abon ayam, tenun sarung nggoli, sarung galendo dan prodak difersifikasi dari kain tenun seperti dompet, tas dan sandal.


“Yang kami bawa dalam Pameran Produk unggulan ini adalah hasil alam Bima dan karya anak bima,” ujarnya.


Nurjanah mengatakan yang menjadi produk unggulan Bima, baik hasil alam maupun hasil karya anak daerah adalah Air susu kuda liar, madu, tenun sarung nggoli dan Kopi Tambora yang memiliki rasa khas tersendiri.


Untuk pengrajin tenun tembe nggoli, lanjutnya, terdapat di beberapa Kelurahan yang ada di Kota Bima,. seperti di Kelurahan Kumbe, Nungga Kecamatan Rasanae Timur, Kelurahan Rabadompu Barat, Kelurahan Ntobo dan Kelurahan lainya.

“Sesuai dengan beberapa produk asli dari bima ini akan mampu mendorong peningkatan kualitas pasar baik itu pasar lokal sampai ke pasar tradisional,” katanya.


Dia berharap melalui pameran tersebut, Kota Bima bisa mengandalkan produk produk unggulan yang bisa dari daerahnya dan suatu saat nanti bisa unggul fan terkenal sampai ke tingkan pasar internasional.(Mijin)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.