Header Ads

GEMPAR Gelar Workshop Kerajinan Tradisional Dirangkaikan Bukber


Bima, Media NTB.- Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Rasanggaro (GEMPAR) bekerjasama dengan Pemerintah Desa Timu menggelar Workshop Pembinaan Kerajinan Tradisional 'Kawara Mantoi' di kantor Desa setempat, Minggu (27/05/2018).


Workshop tersebut dihadiri Direktur Koperasi Insan Cita Bima, Elyasa M.Pd yang juga sebagai narasumber. Serta dihadiri kurang lebih sekitar 80 peserta. Mereka terdiri dari aparat Pemerintahan Desa Timu, Ketua RT, RW, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pemuda.


Pada kesempatan itu Elyasa mengatakan dalam mewujudkan ekonomi kreatif di Desa, Pemerintah Desa (Pemdes) harus memaksimalkan potensi dengan memanfaatkan SDM yang ada.


Elyasa yang menyampaikan materi, Peran Pemuda Desa Untuk Mewujudkan Ekonomi Kreatif tersebut menjelaskan, potensi yang dimaksimalkan tersebut merupakan salahsatu bentuk nyata Pemdes dalam menumbuhkan ekonomi ditengah masyarakat.


"Ini langkah yang harus didorong oleh Pemdes dalam memberdayakan masyarakatnya. Terutama bagi generasi penerus," katanya.


Sementara, Mahasiswa Ekonomi Syariah IAI Muhammadiyah Bima, Furkan, pada kegiatan itu memberikan penjelasan sederhana dalam membuat kerajinan dari hasil tenunan Tembe Nggoli. Di Desa Timu tenunan Tembe Nggoli merupakan kerajinan khas warga, bahkan sudah berlangsung dari generasi ke generasi.


Furkan sendiri berpengalaman mendesain dan membuat kerajinan tangan dari sisa-sisa kain tenunan seperti dompet, tas, shall dan lainnya.


Kepala Desa (Kades) Timu Kecamatan Bolo, Arsyad H.  Djamalauddin mengapresiasi Workshop tersebut, karena hasilnya akan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan pihaknya, terutama dalam mengelola Dana Desa (DD).


"Saya berharap kegiatan ini sebagai langkah strategis para pemuda desa timu dalam rangka merawat kearifan lokal,"  harap Kades.

Apresiasi yang sama juga disampaikan Sekdes Timu, Silahturahman S.Pd. Ia mengatakan kegiatan tersebut bagian partisipasi mahasiswa dan pemuda dalam membangun Desa.

"Kegiatan positif seperti ini kami harap terus ditingkatkan kedepan," katanya.(Mijin)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.