Header Ads

Ini Harapan Kades Karampi untuk Anggaran BUMDes Tahun 2018

Kepala Desa Karampi Rifdun H. Hasan

Bima, Media NTB - Harapan Kepala desa Karampi untuk penggunaan Anggaran BUMDes ditahun 2018 yang nantinya akan merencanakan supaya potensi dan kekayaan desa akan dikelola dan distabilkan untuk kesejahhteraan masyarakat, Senen (1/5/18).


Kepala Desa Karampi Rifdun H. Hasan mengatakan BUMDes sebagai badan usaha, seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa.


Karena itu, kata dia, mengembangkan ekonomi desa karampi itu diukur dari keterlibatan BUMDes sebagai lembaga untuk mengelola potensi yang ada didesa Karampi.


Ia juga mengatakan ada beberapa potensi dari sektor pertanian dan kelautan yang hari ini berkembang pesat didesa karampi.


Dari sektor pertanian masyarakat banyak mendapatkan penghasilan dari cocok tanam seperti kacang tanah, padi dan cabai.


Lewat pengembangan BUMdes dari sektor pertanian ini pemerintah desa karampi lewat BUMdes akan menyiapkan berbagai macam kebutuhan pertanian seperti pupuk, pestisida, dan sebagainya.


Kemudian dari masyarakat yang sudah memiliki usaha perdagangannya seperti alat penggilingan kacang, dari pihak kami sebagai pemerintah desa karampi tidak akan mempersiapkan alat yang sudah dimiliki masyarakat,  cuman sistim kerjanya disini kami  harus menawarkan harga yang tinggi dari pedagang supaya barang itu sampai pada BUMdes. Dan Bumdes akan mengelolanya lebih kanjut.


“Kalau pihak kami mempersiapkan segala bentuk alat pengelola sehingga itu sudah dimiliki oleh masyarakat nanti akan ada sistim persaingan dan ini yang kami hindari.” ujarnya.


Tambahnya juga mengatakan bahwa dari sektor kelautan pihak desapun harus mengadakan alat penjaringan ikan, supaya penghasilan dari para nelayan setelah dikelola oleh masyarakat nantinya harus sampai pada BUMDes.


"BUMDes menjadi tulang punggung perekonomian pemerintahan desa guna mencapai peningkatan kesejahteraan warga” tutupnya.(Mijin)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.