MUI Kota Bima Bangun Koperasi Syariah Hadimul Ummah


Drs. H.M. Saleh

Bima, Media NTB - Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Hadimul Ummah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bima, untuk cara pengelolaannya akan mengembangkan sistim pembiayaan akad mudarrobah dan murabbahah, ini langsung diungkapkan oleh Ketua MUI Kota Bima Drs. H.M. Saleh kepada media ini Kamis, (31/5/2018).


Ketua MUI Kota Bima Drs. H.M Saleh mengatakan bahwa akad pembiayaan mudharabah ini adalah akad kerjasama usaha antara dua pihak dimana koperasi ini pertama menyediakan seluruh modal dan menberikan pinjaman kepada pengusaha, sedangkan pihak kedua sebagai pengusaha menjadi pengelola.


"Pengusaha yang siap membangun dan mengembangkan usahanya akan tetap diterima menjadi mitra bersama koperasi kami, Seperti pengadaan kios, ternak sapi, dan juga usaha usaha lain yang mampu mendatangkan penghasilan itu juga harus didahulukan oleh kami" Ujarnya.


Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa mudarobbah ini adalah bagi hasil, selain dari pada bagi hasil dari kedua pihak juga akan dipertimbangkan atas dasar kerja, dan hasilpun sudah ditetapkan bahwa yang didapatkan oleh pengusaha sebesar 2/3 dan koperasi mendapatkan 1/3 dari usaha tersebut dan tidak ada sistim bunga dan ribah, juga ditegaskan supaya dibangunnya koperasi pembiayaan syariah hadimul ummah ini dapat mencegah bunga dan ribah, sedangkan dengan sistim perdagangan koperasi ini harus murabbahah (berdagang dengan jujur) mengikuti langkah dan jejak Rosulullah SAW" tutupnya.


Kepala Koperasi Syariah Wadimul Ummah MUI Kota Bima Drs. H. Zainudin Abdul Hamid mengatakan bahwa Koperasi ini sudah di sahkan pada tanggal (27/3/2018) yang lalu oleh Diskoperindag Kota Bima, dengan badan hukum Nomor: 007937/BH/M/KUKM/III/2018 dan mendapatkkan legalitas Akta notaris dari Muh. Salahuddin, SH. Megister Kenotariatan, Sesuai badan Hukum SK Nomor : 0213/NPAK/Dep I/IX/2013 tentang pembuatan akta Koperasi, jelasnya.


"Dikatakannya juga bahwa Dinas Koperindag kota Bima sangat antusias atas dibangunnya koperasi ini selain dari pada itu Koperasi Wadimul Ummah ini akan menjadi paulo project bagi koperasi koperasi lain yang ada di kota bima " Tutupnya.(Mijin)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.