Header Ads

Bupati Bima: Ramadan Bertabur Hikmah, Menaut Kasih, Menumbuhkan Tekad Maju


Bima, Media NTB - Syahruramadan nan agung berlimpah barokah, mengilhami setiap hamba yang beriman untuk menebalkan ketaqwaan melalui rangkaian ibadah ruhiyah penuh khusyu’ sembari merangkai takzim do’a kehadirat Ilahi Rabbi; mengajarkan kita untuk menaut kasih silaturrahmi dan  memantik kepekaan guna saling memberi perhatian dalam bingkai ukhwah Rahmatan lil Alamin.


Hal fundamental lainnya, Selama Ramadan, Allah Al-Khalik yang Maha Rahman dan Rahim, memuliakan setiap hamba yang beramal sholeh dengan ganjaran Rahmah dan Maghfirah beribu lipat. Tentunya, semua ini mengandung makna bahwa hikmah Ramadan sesungguhnya menjadi patron bagi setiap diri untuk senantiasa istiqomah pada millah Sunnatullah dan Sunnah Rasul dalam setiap bentuk kreasi sepanjang helaan nafas umur.


Demikian yang disampaikan Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri mengawali Sambutannya dalam kegiatan Safari Ramadan hari ke-15, bertempat di Mesjid Al-Burhan Desa Cenggu Kecamatan Belo; Kamis, 31 Mei 2018.


Pada kesempatan itu,  turut hadir  Ketua DPRD Kabupaten Bima (Murni Suciyanti) beserta beberapa anggota Dewan yang menjadi duta dari Dapil setempat, Putra kebanggan Desa Cenggu Drs. H.M. Taufik HAK, M.Si  (Sekretaris Daerah Kabupaten Bima) beserta Asisten I dan Asisten II Sekda, beberapa Kepala SKPD, Pejabat Eselon 3 dan 4, Camat Belo beserta unsur Muspika serta tuan rumah Kepala Desa Cenggu dan beberapa Kepala Desa lainnya.


Lebih lanjut, Umi Dinda mengungkapkan kebahagiaannya atas antusiasme masyarakat Desa Cenggu dalam menumbuh suburkan iklim Religius dalam suasana yang lekat dengan rasa hormat – menghormati serta toleransi yang tinggi serta semangat kegotongroyongan.


“Pada bulan Ramadan tahun ini, Alhamdulillah, agenda-agenda pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan juga tetap berjalan sebagaimana mestinya, termasuk kegiatan Safari Ramadan Pemerintah Kabupaten Bima bersama masyarakat di seluruh pelosok kecamatan dan desa yang dihajatkan untuk memotivasi masyarakat terutama generasi muda agar memiliki semangat hidup yang dilandasi kecintaan pada ajaran agama dan kepatuhan pada norma – norma sosial. Semua ini dapat terlaksana berkat kerjasama, kekompakan hubungan yang terjalin  harmonis di antara kita semua dalam mengisi bulan suci Ramadan; saya do’akan kiranya semua itu tetap terus ditumbuh kembangkan sepanjang waktu diluar Bulan Ramadan. Sesungguhnya kebersamaan dalam kebaikan, saling menopang, kegotong royongan, kedamaian dan kasih sayang kepada sesama merupakan modal yang sangat crusial guna terus melanjutkan ikhtiar membangun segenap Dou Labo Dana menuju tercapainya tatanan hidup yang Religius, Aman, Makmur, Amanah dan Handal” ungkap Bupati Bima.


Hal lain yang menjadi fokus penyampaian Bupati Bima, adalah pelaksanaan tugas para Kepala Desa yang harus terus dimaksimalkan dengan budaya pengabdian terbaik, taat azaz serta secara tertib menuntaskan administrasi dan pertanggunjawaban pengelolaan keuangan Desa; hingga kepemimpinan dan kepemerentahan yang bersih, transparan, accountable dan berwibawa  dapat terpenuhi.


Terkait serangkaian momentum pesta demokrasi baik Pemilihan Kepala Desa 2018, dimana Kecamatan Belo memiliki 4 Desa yang akan menggelar Pilkades           yakni : Desa Runggu, Desa Cenggu, Desa Renda dan Desa Diha; Pilgub 2018, Pileg dan Pilpres 2019 hingga Pilkada Kabupaten Bima 2021; Bupati menghimbau kepada segenap masyarakat untuk segera melengkapi data – data dan administrasi kependudukannya, terutama merekam e-KTP sebagai salah satu syarat agar diperkenankan untuk memberikan hak suara.



Menutup Sambutannya, Umi Dinda berharap agar segenap masyarakat menuntaskan salah satu kewajiban umat Islam untuk membersihkan diri dan harta melalui ibadah dan membayar zakat, baik zakat Fitrah maupun Zakat Mal (harta); karena selain memberi hikmah ukhrawi, zakat tersebut akan sangat memberi manfaat secara sosial terutama dalam pemerataan kesejahteraan bagi masyarakat terutama yang memiliki hak sesuai dengan tuntunan hukum Islam guna memperoleh zakat.


Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Bima Drs. H.M. Taufik HAK, M.Si menyerahkan Hibah keuangan untuk Masjid dan Musholah se-Kecamatan Belo sejumlah Rp. 130.000.000,- . Mesjid / Musholla yang menerima bantuan dimaksud antara lain : Mesjid Al Ikhlas Desa Renda Rp. 45.000.000,- Musholla Nurul Ibtidaiyah Desa Ngali Rp. 15.000.000,- Mesjid Al Ikhlas Desa Ncera Rp. 20.000.000,- Mesjid Nurul Huda Desa Runggu Rp. 20.000.000,- Musholla Nurul Mubin Desa Runggu Rp. 10.000.000,- Musholla Ar Rahman Desa Soki Rp. 10.000.000,- Mushola Baiturrahman Desa Roka Rp. 10.000.000,-.


Secara pribadi dari Umi Dinda, juga dibagikan Sarung kepada seluruh jema’ah dan bingkisan kepada para pengurus Mesjid / Musholla. Ba’da Sholat Isya berjama’ah, mengisi waktu sebelum Sholt Tarwih, dilaksanakan Ceramah Agama oleh Ustadz Mujiburrahman, S.Pd.I.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.