Header Ads

Optimalkan Pelaksanaan Tugas, LPA Kabupaten Bima Gelar Rakor


Bima, Media NTB - Lembaga Perlindungan Anak (LPA)  Kabupaten Bima  Kamis (31/5) menggelar  Rapat Koordinasi di aula Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bima.

              
Ketua LPA Kabupaten Bima Ny.  Rostiati Dahlan S.Pd dalam pemaparannya mengatakan, Rapat   ditujukan untuk melakukan evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan. Kehadiran  LPA Kabupaten Bima sudah banyak memberikan kontribusi   melalui pendampingan terhadap kasus-kasus kekerasan terhadap anak, baik di pengadilan terutama pendampingan-pendampingan di luar pengadilan.


Rostiati yang didampingi Wakil Ketua  Amar Makruf SH dan Sekretaris LPA Umar,  SKM  dan sejumlah pengurus menambahkan,  sebagai mitra Pemerintah Daerah yang melakukan fasilitasi maupun pendampingan dalam melindungi hak-hak anak,  LPA Kabupaten Bima selain harus bersinergi dan melakukan Koordinasi intensif dengan Perangkat Daerah terkait seperti DP3AP2KB,  Dinsos dan lainnya,  juga dengan Lembaga dan Instasi penegak hukum  dalam  penanganan  kasus yang terjadi  pada  anak.


Untuk lebih mengoptimalkan pelaksanaan tugas lapangan pengurus, Ketua LPA mengatakan diperlukan pembagian tugas  lebih kongkrit para pengurus. 

           
"Pengurus akan diberikan tanggung jawab untuk melakukan pendampingan kasus pidana yang melibatkan anak-anak berdasarkan pembagian  wilayah/Kecamatan. Hal ini dimaksudkan untuk kemudahan penanganan dan pelaporan kasus ". Kata Rostiati.


Selain itu,  untuk peningkatan dan kelancaran koordinasi,  komunikasi dan pengeloaan informasi terkait data dan kondisi lapangan,  saatnya seluruh pengurus LPA dapat berperan aktif dalam melakukan pendampingan dan penanganan kasus. Dengan demikian,  masing-masing anggota harus bertanggung jawab terhadap kasus yang  ada di wilayahnya. Harap Rostiati.


Rapat  juga melakukan evaluasi berkaitan dengan kegiatan kesekretariatan yang masih perlu ditingkatkan untuk menunjang secara optimal kegiatan lapangan.(Rif)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.