Assisten II Pemkot Bima Hadiri Pembukaan LK II HMI Cabang Bima


Bima, Media NTB - Assisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Bima Dr. Ir. H. Syamsudin, MS menghadiri sekaligus membuka acara Latihan Kader II (intermediate training) Tingkat Nasional Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bima yang digelar di Aula Hotel La Ila, Selasa, 03 Juli 2018.


Kegiatan ini mengusung tema “Aktualisasi Nilai Dasar Perjuangan (NDP), Upaya Menjawab Tantangan Masa Depan”, diikuti 41 peserta delegasi cabang HMI di seluruh Indonesia.


Dalam sambutannya Asisten II menyampaikan bahwa pelatihan kader II HMI ini menjadi momentum dalam upaya mengembalikan nilai-nilai islami, kritis, berpijak pada kebenaran, serta independen, sesuai dengan identitas HMI dalam kehidupan berbangsa.


Dikatakannya, tujuan berdirinya HMI yaitu mempertahankan dan mempertinggi derajat rakyat Indonesia serta menegakkan dan mengembangkan ajaran Agama Islam. Dengan tujuan HMI yang digariskan sejak awal berdirinya, maka konsekuensinya HMI terjun membantu pemerintah baik langsung maupun tidak langsung dalam membangun daerah ke arah perubahan yang lebih baik.


“Adik-adik sebagai sebagai pilar pembaharuan yang merupakan generasi penerus, tentunya memiliki tanggung jawab moral untuk mewujudkan harapan tersebut”. Katanya.


Selain, itu, HMI cabang Bima sebagai organisasi dari kaum muda terdidik diharapkan dapat memainkan peranannya untuk secara bersama dengan masyarakat dan pemerintah untuk mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi daerah. “HMI bukan hanya milik “mahasiswa Islam”, tetapi telah menjadi harapan masyarakat Indonesia”. Ujar Asisten II.


Asisten II mengajak keluarga besar HMI untuk terus melanjutkan partisipasi aktifnya dalam penyelenggaraan pembangunan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih aman, lebih adil, lebih demokratis, dan lebih sejahtera.


Sementara itu, Ketua HMI Cabang Bima Fitriani menyampaikan bahwa training kader II ini dilakukan sebagai upaya membangun moralitas dan kualitas sumber daya manusia untuk menjadi pemimpin di masa mendatang. Menurutnya, mutu dan kualifikasi pemimpin masa depan perlu disiapkan lebih dini agar siap menghadapi tantangan di masa mendatang.


Ketua KAHMI Kota Bima H. Abubakar H. Ma’alu, SH.,M.Ap menjelaskan bahwa dengan latihan kader II ini, anggota HMI dididik menjadi kader bangsa dan kader umat serta sebagai mitra perjuangan dalam membangun bangsa dan Negara. Ia berharap kepada peserta latihan kader II agar serius mendalami Nilai Dasar Perjuangan (NDP), karena menurutnya, kekuatan moral HMI ada pada NDP. Oleh karena itu, usai pengkaderan ini, produk SDM yang dihasilkan dapat berperan untuk kemajuan HMI, agama, bangsa dan Negara dengan tetap berpedoman pada Alquran dan Hadits, dan asas Negara yaitu Pancasila dan UUD 1945.


Acara pembukaan Latihan kader II HMI dihadiri oleh Asisten II Setda Kota Bima, Staf Ahli Bupati Bima, Ketua Kahmi Kota Bima, Ketua Kahmi Kabupaten Bima, Perwakilan Kodim 1608/Bima, Polresta Kota Bima, Pengurus HMI Cabang Bima, Pengurus BEM perguruan tinggi, serta pimpinan organisasi Islam se-Kota dan Kabupaten Bima.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.