Header Ads

Cara Pembuatan Pupuk Organik Dari Limbah Disosialisasikan di Kota Bima



Bima, Media NTB - Sosialisasi dan pelatihan pembuatan pupuk organic yang di gelarkan oleh Tim Siaga Bencana Kelurahan (TSBK) bersama Dinas Pertanian kota Bima.



Sementara itu dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh, kepala dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah, (BPBD) Kota Bima, Lurah Dara, Lurah Paruga, anggota DPR kota bima dengan kepala dinas pertanian kecamatan.



 Kegiatan tersebut di dukung penuh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, (BPBD) Kota Bima. Dinas Pertanian Kota, dengan Dinas Lingkunga Hidup (DLH).



“Tujuan dalam melakukan pelatihan pembuatan pupuk organic ini, bagaimana untuk meminimalisair resiko bencana, selain dari pada itu untuk meberikan aktifitas tershadap para pemuda yang pengangguran”. Ungkap Suriani. Sebagai anggota PRB Mbojo Matenggo. Saat di konfimasi media ini. Selasa (24/07).



“Selain dari pelatihan pembuatan pupuk organic, juga di berikan pemahaman bagaimana cara untuk pengelolaan menanam sayur-sayuran, seperti tomat, cabai”.





Moch. Amin S.Pt. UPt. Mengatakan cara untuk pengelolaan pupuk kompos, berawal dari limbah atau sisa-sisa makanan yang ada di rumah tangga seprti sayur-sayuran, sementara untuk pengelolaan pupul organic cair, yaitu sisa air beras yang di fermentasi di campur dengan EM4 bersama tetesan air gula merah, kemudian di fermentasikan selama 6 hari, baru bisa di ergunakan untuk pupuk organic.

“Jadi untuk kedepan para pemuda bisa memanfaatkan limbah sisa  jualan yang ada di pasar, untuk di kelola supaya bisa menjadi pemuda pelopor kota bima”. Bebernya

“Harapanya, untuk anggota Tim Siaga Bencana Kelurahan kedepannya bisa melanjutkan dari pada pelatihan ini, dan kalaupu bukan mereka yang meneruskan lalu siapa lagi”. Tutupnya.(Uchok)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.