Header Ads

Dinas Koperindag Gelar Sosialisasi Pertumbuhan Wirausaha Baru di Kota Bima



Bima, Media NTB - Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kota Bima menggelar sosialisasi pertumbuhan wirausaha baru di Kota Bima dengan tema “Wirausaha Masuk Kampus” di aula kantor PLUT-KUMK Kota Bima pada Selasa, 21 Agustus 2018.



Sosialisasi dibuka oleh Asisten II Setda Kota Bima Bidang Ekonomi dan Pembangunan Dr. Ir. H. Syamsuddin, MS, diikuti 50 peserta terdiri atas mahasiswa perguruan tinggi di Kota Bima. Hadir sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemerintah, Ketua STIE Bima, serta para dosen pendamping mahasiswa.



Menurut laporan Kepala Dinas Koperindag Kota Bima Nurjannah, S. Sos, sosialisasi bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi individu/kelompok agar memiliki jiwa wirausaha kompetitif dan produktif. Selain itu, menyediakan alokasi anggaran melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan kewirausahaan di setiap kecamatan dan perguruan tinggi yang ada di Kota Bima.



Sosialisasi dilaksanakan selama satu hari dengan narasumber berasal dari unsur Dinas Koperindag Kota Bima, Bappeda Kota Bima dan akademisi STIE Bima.



Sementara itu, Asisten II dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk menjadi seorang wirausaha muda dan sukses, diperlukan pelatihan serta motivasi sedini mungkin. Pemerintah sangat mengapresiasi kampus yang memasukkan mata kuliah kewirausahaan dalam kurikulumnya.



“Akan sangat baik jika sejak pada tingkat pertama kuliah, mahasiswa dilatih untuk menjadi seorang wirausaha muda. Dengan dibekali ilmu kewirausahaan dan dilatih sejak tingkat awal kuliah diharapkan pola pikir mahasiswa dapat diubah, sehingga ketika lulus kuliah tidak lagi menjadi pencari pekerjaan, melainkan menciptakan lapangan pekerjaan”, kata Asisten II.



Oleh karena itu, sambungnya, perlu disiapkan program-program yang mengarahkan mahasiswa agar mandiri dalam berkreasi, berani dalam mengambil dan menghadapi risiko, sehingga ke depan menjadi generasi yang memiliki kemampuan kompetitif dan daya dobrak yang kuat.



Asisten II mengapresiasi Dinas Koperindag Kota Bima yang menyelenggarakan kegiatan pembinaan ini sekaligus berharap mendapat dukungan penuh dari perguruan tinggi di Kota Bima.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.