Header Ads

Dinas Pertanian Kota Bima Gelar Sosialisasi Untuk Pengawasan Hewan Kurban



Bima, Media NTB - Dinas Pertanian kota Bima, gelar rapat sosialisasi dalam rangka pengawasan dan pemeriksaan daging hewan kurban Hari Raya Idul Adha 1439 H.



Dalam rapat tersebut dihadiri oleh lurah se-kota Bima, beserta 76 tenaga teknis, dan di buka secara resmi oleh assisten 2 Setda kota Bima, Dr. Syamsudin. 



Cahyadi S.Pt. Sebagai Kabid peternakan dan kesehatan hewan menyampaikan bahwa,  samapai saat ini kami sudah melakukan kerja sama dengan Rumah Pemotongan Hewan (RPH), beserta kariya nusa tenggara.



Namun samapai saat ini, rumah pemotongan hewan sudah di serahkan ke kariya nusa tenggara, yang akan pemotongan atau mengelolanya, dan sampai saat ini yang telah daftar sudah 10 ekor.



Lanjut Cahyadi, kami juga telah menegaskan tehadap team teknis, agar sekiranya tidak membawa daging hasil dari pada pemotongan, karena memang pada prinsipnya kami tidak pernah melakukan pemungutan biaya dan tidak boleh membawa hasil pemeriksaan.



“Selain dari pada itu, team juga sebelum melakukan pemotongan, terlebih dahulu harus memeriksakan terhadap hewan yang di kurbankan, baik dari segi kesehatan maupun umurnya, atau yang biasa di sebut dengan antemortem”. Tambahnya.



Namun untuk kategori umur hewan kecil yang ingin di kurbankan, yaitu kambing dengan domba sekitar 1 tahun setengan, sedangkan untuk hewan besar yaitu sapi dengan kerbau minimal 2 setengah tahun dan itu harus sehat. Tutupnya.(Uchok)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.