Header Ads

Dinas Sosial Gelar Bimtek Keterampilan Berusaha Bagi KUBE



Bima, Media NTB - Senin, 20 Agustus 2018, bertempat di aula SMPN I Kota Bima, Dinas Sosial Kota Bima menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis keterampilan berusaha bagi keluarga penerima manfaat bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE).



Bimtek dibuka oleh Asisten III Setda Kota Bima Bidang Administrasi Umum Ir. Darwis. Turut hadir Kepala Dinas Sosial Kota Bima Drs. H. Muhidin, MM.



Asisten III dalam sambutannya menyampaikan bahwa membangun ekonomi rakyat dalam bentuk kegiatan kelompok usaha bersama merupakan benteng dalam memperkuat organisasi-organisasi ekonomi di tingkat akar rumput.



Ia menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Sosial RI dan Dinas Sosial Provinsi NTB atas pemberian bantuan KUBE bagi pelaku usaha kecil di Kota Bima tahun 2018.



Dijelaskannya, bimtek ini sebagai petunjuk teknis mengenai program KUBE agar tidak ada masalah di kemudian hari. “Tantangan ke depan adalah bagaimana agar KUBE ini bisa menjadi solusi untuk menanggulangi angka kemiskinan.




Caranya adalah memperkuat manajemen KUBE, mentalitas pengurus dan anggota, penerapan teknologi, meningkatkan aksesibilitas permodalan dan jaringan serta memperkuat SDM”, ujar Asisten III.



Oleh karena itu, katanya, dibutuhkan pendampingan dan pembinaan dari dinas terkait, seperti Dinas Koperindag dan Dinas Sosial, karena semua program pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan yang dilaksanakan tidak akan berhasil tanpa komitmen semua pihak yang terlibat di dalamnya, yaitu masyarakat dan dinas terkait.



Sementara itu, berdasarkan laporan Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin dan Pemberdayaan Sosial Masyarakat Dinas Sosial Kota Bima Sunarti, S.Sos., MM, bimtek bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada keluarga penerima manfaat tentang tata cara berusaha secara kelompok untuk meningkatkan pendapatan agar dapat mensejahterakan masyarakat, khususnya kelompok penerima manfaat.



Peserta bimtek berjumlah 60 orang terdiri atas kelompok usaha ternak sapi, kambing, bakulan dan perkiosan yang berasal dari lima kelurahan di Kota Bima, yaitu Kelurahan Ntobo, Lewirato, Penanae, Rabangodu Utara dan Rabangodu Selatan. Masing-masing Kelurahan memiliki satu kelompok KUBE berjumlah 10 orang, khusus Kelurahan Rabangodu Utara memiliki dua kelompok KUBE.



“Kelompok usaha bersama ini masing-masing mendapatkan bantuan KUBE dari dana APBD Pemerintah Kota Bima tahun 2018 sebesar Rp. 20 juta dalam bentuk barang berupa ternak, bakulan serta perkiosan”, kata Kabid PFM dan PSM Dinas Sosial.



Bimtek dilaksanakan selama 2 hari yakni tanggal 20 – 21 Agustus di aula SMPN I Kota Bima dengan narasumber dari unsur TP PKK Kota Bima, Dinas Sosial serta Dinas Koperindag Kota Bima.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.