Header Ads

Disokperindag Kota Bima Hadiri Seminar Kewirausahaan Mahasiswa KKN STIE Bima di Kolo



Bima, Media NTB - Pengembangan kewirausahaan dipandang sebagai langkah strategis dalam upaya turut mengatasi permasalahan ekonomi bangsa. Perttumbuhan ekonomi digerakkan oleh adanya aktifitas ekonomi yang dijalankan oleh kalangan dunia usaha. Maka perlu dipandang bahwa dunia pendidikan harus mampu memotivasi generasi untuk memahami dunia kewirausahan pada mestinya, maka lebih tepatnya itu yang di cita citakan Sekolah Tinggi ilmu Ekonomi (STIE) Bima yaitu siap mencetak Alumni yang berjiwa Interpreneurship siap di pakai, Oleh karena itu masih diperlukan tambahan pengusaha yang signifikan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi social Lebih Khususnya Pertumbuhan generasi wirausaha di Bima dan pada umumnya untuk Indonesia.



Dalam Perguruan Tinggi Dosen merupakan pilar utama dalam pengembangan kewirausahaan di perguruan Tinggi (PT). Nilai-nilai kewirausahaan dapat ditransfer kepada mahasiswa melalui berbagai aktifitas belajar-mengajar.



Dosen mempunyai potensi untuk membangkitkan dan mengembangkan wirausaha di berbagai aktifitas penelitian Mahasiswa dalam melihat dan memantau pertumbuhan potensi Eknomi Daerah Di Kota Bima ini, Maka lebih Cerdas Program yang dilakukan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima Kelurahan Kolo Kota Bima ini mampu menghadirkan Pemerintah Kota Bima dalam hal ini Dinas Koperasi dan Perdagangan (Koperindag) Kota Bima diwakili (Hermansyah, S.E dan Faturrahman, S.E) Sebagai Narasumbernya dalam kegiatan tersebut.



Sungguh antusias, Hadir Juga dalam seminar tersebut Para dosen STIE Bima, tokoh pemerintah, tokoh pendidikan, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda serta ibu PKK pada Kelurahan setempat.



Seminar Kewirausahaan tersebut bertema “Strategi menjadi Wirausaha Unggul, Kreatif, Inovatif, dan sukses di Era Digital”.



Dalam seminar itu Mahasiswa KKN STIE Bima Kelurahan Kolo juga menghadirkan prodak asli yang diolah dari berbagai macam potensi yang dimiliki oleh kelurahan kolo kota bima, seperti dalam bidang kelautan yaitu sebagai daerah penghasil ikan tuna terbesar Kota Bima, mereka mengolah ikan tuna tersebut menjadi abon selain dari ikan tuna juga menfungsikan Kerang laut menjadi kerajinan tangan yang sangat unik dan indah.

Dinas Koperindag kota Bima dalam seminar Kewihausahaan Selasa, (7/8/2018) di Kantor Keluran Kolo tersebut memaparkan bahwa “pentingnya menjadi wirausaha yang kreativ dan inovatif, peningkatan mutu generasi untuk berjiwa enterpreneur itu harus berdasarkan kemauan yang kuat serta pelatihan yang maksimal dalam mengetahui segala bentuk usaha yang dapat meningkatkan penghasilan yang maksimal dalam kehidupan sehari hari sehingga mutu kebutuhan ekonomi masyarakat berkembang” ujarnya.



Lebih lanjut mengatakan bahwa “ sampai hari ini sudah 40% produk asli Kota bima yang sudah dipasarkan lewat kerjasama perdagangan, dan produk produk unggul tersebut Alhamdulillah sudah mendapatkan ijin usaha di Bima dan produk produk yang sudah di olah mahasiswa ini dapat dikembangkan, lebih lebih masyarakat setempat supaya nanti kita bisa pasarkan” ungkapnya.



Ia menambahkan, mahasiswa dan masyarakat mau mengembangkan potensi usaha dengan berbagai macam produk yang baru maka kami siap membantu membuka ijin usaha tersebut.


“Yang kita ketahui hari ini hanya sebatas ingin berusaha, lebih dalam lagi segala bentuk usaha apapun masyarakat harus mendudung sepenuhnya seperti sekarang yang kita kenal ada usaha bisnis lewat online seperti Soppe, Blog, google dan lain lain, itu semua adalah bentuk usaha yang strategis dan kita juga perlu memiliki kemauan dalam mengembangkannya” Tuturnya.


Ketua Posko KKN Kelurahan Kolo Israfil Radiallah mengatakan bahwa, mereka sangat bangga dengan diadakannya semirar kewirausahaan ini dan menjadi motivasi terbesar dan mudah mudahan nantinya dapat mencetak mastyarakat dan generai yang berjiwa interpreneurship, dan saya sebagai Ketua Posko KKN STIE Bima Kelurahan Kolo berterima Kasih Kepada Diskperindag Kota Bima yang sudah mengisi acara seminar ini.(Mijin)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.