Header Ads

Pangdam Udayana : Laksanakan Pendataan Jumlah Pengungsi yang Masih Tersebar dan Berdiri Sendiri

Pangdam Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP Saat Diwawancarai Wartawan


Lombok, Media NTB - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP., dalam wawancaranya dengan media di Posko Media Center Bencana Alam Gempa Lombok menyampaikan tanggap darurat bencana alam gempa memang sampai tanggal 11 Agustus namun itu tidak dibatasi waktu selama mungkin bisa segera menolong masyarakat.



Dilanjutkannya, kebutuhan utama saat ini yang diperlukan masyarakat adalah pangan, akomodasi dan sanitasi yaitu pemasangan tenda, MCK dan air baik air minum maupun air bersih.



"Saat ini sudah dibuatkan centralisasi bantuan di enam kecamatan mulai dari Kecamatan Gunungsari Lombok Barat dan lima lokasi di Kabupaten Lombok Utara dan setiap Posko disiapkan pos kesehatan dan dapur lapangan", jelasnya.



Selain itu sambungnya, satuan-satuan yang membantu mengevakuasi masyarakat yang kemungkinan tertimbun reruntuhan bangunan karena nyata sampai sekarang masih ada dan juga masih dilakukan pendataan penumpukan masyarakat pengungsi yang tersebar selain tempat pengungsian yang disiapkan.



Diakuinya, kesulitan pasti ada namun sebisa mungkin kita mampu memberikan pelayanan kepada para korban", tegas Benny.



Terkait dengan kegiatan mental healing yang dilakukah tim Psikologi TNI terhadap anak-anak korban gempa, Benny menyatakan bahwa ini merupakan sebuah konsep untuk memulihkan psikis masyarakat yang diawali dari anak-anak karena orang dewasa masih sibuk untuk mengatasi bencana itu sendiri.



"Semoga anak-anak tidak ada trauma yang berkepanjangan, berkelanjutan dan bisa normal kembali seperti biasa", pungkasnya.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.